KONSTRUKSI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PENGAJARAN BAHASA (SUATU TINJAUAN EVALUASI)

Haslinda Haslinda

Abstract


Kontekstual dalam pembelajaran bahasa adalah meaning and realistic contexs yang diproyeksikan pada seluruh aspek pembelajaran. Di antara keseluruhan aspek itu, pelaku situasi belajar (guru dan siswa) adalah komponen utama yang terlibat langsung dan menjadi sasaran kontekstual. Konstruksinya, guru adalah manifestasi kontekstual dari pembelajaran, dan siswa adalah sasaran belajar yang dikontekstualkan. Pengajaran bahasa bertumpu pada empat komponen keterampilan yaitu menyimak (mendengarkan), berbicara, membaca, dan menulis. Keempat komponen tersebut sepatutnya terkontekstualkan lebih dulu pada diri seorang guru dari pada aspek kontekstual lainnya, kemudian dibelajarkan kepada siswa.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta. Ditjen Dikdasmen.

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching & Learning, Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: MLC.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Muslich, Masnur. 2012. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ