INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI

Muhammad Akhir

Abstract


Masalah utama proses pembelajaran di Perguruan Tinggi adalah penekanan pada hard skill dan cendrung mengabaikan soft skill dan pembelajaran yang menekankan pada aspek kognitif bukan secara integrasi aspek kognitif, psikomotorik dan afektif (karakter). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menulis di Perguruan Tinggi dapat mengembangkan nilai sikap jujur, tanggung-jawab, percaya diri, santun, kerja keras, kreatif, mandiiri, teliti dan cermat melalui proses pembelajaran keterampilan menulis. Integrasi nilai-nilai karakter dapat di integrasikan dalam pembelajaran keterampilan menulis pada tahap perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu setiap dosen harus melakukan pengelolaan kelas, pengkondisian mahasiswa, proses pembelajaran dan memberikan bimbingan akademik dengan baik. Indikator mahasiswa yang berkarakter adalah selalu berusaha melakukan hal-hal yang baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa,  diri sendiri, sesama manusia,  lingkungan, Negara, serta dunia pada  umumnya.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Akhir, M. (2016). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia (Doctoral dissertation, pascasarjana).

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Aunillah, I.N. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Laksana.

Avicenna, A., & Akhir, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Pembelajaran Scaffolding Metakognisi Siswa Kelas X. 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Konfiks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 167-184.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2007). What works in character education. Journal of Research in Character Education, 5(1), 29.

Berkowitz, M. W., Battistich, V. A., & Bier, M. C. (2008). What works in character education: What is known and what needs to be known. Handbook of moral and character education, 414-431.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dan, K. P. N. B. P. Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Ghufron, A. (2010). Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran. Cakrawala pendidikan, 29, 13-24.

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Al-Ta'dib, 8(2), 50-69.

Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223-236.

Kriswibowo, B., Priyadi, A. T., & Salem, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(5).

Lubis, R. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Oleh Siswa Kelas X Sma N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Muhdar, H. M. (2013). Pendidikan Karakter Menuju SDM Paripurna. Al-Ulum, 13(1), 103-128.

Pendidikan Karakter Menurut KH. Wahid Hasyim. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(12), 277-303.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima.

Tompkins, G. E. (1998). Language arts: Content and teaching strategies. Order Processing, Merrill, an imprint of Prentice Hall, PO Box 11071, Des Moines, IA 50336-1071.

Triyono, S. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Jerman. Jurnal Pendidikan Karakter, 269-279.

Triyono, S. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Jerman. Jurnal Pendidikan Karakter, 269-279.

Undang-Undang, R. I. (2003). No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Usman, H., & Eko Raharjo, N. (2013). Strategi kepemimpinan pembelajaran menyongsong implementasi kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ