PENGGUNAAN TEORI MONITOR KRASHEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH BUGIS SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BAHASA DAERAH

Munirah Muin, Sulfasyah Sulfasyah

Abstract


Bahasa daerah merupakan salah satu unsur kebudayaan nasional yang dilindungi oleh negara berdasarkan penjelasan pada UUD 1945 pasal 36 Bab XV. Salah satu bahasa daerah yang banyak digunakan di Sulawesi Selatan adalah Bahasa Bugis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penutur bahasa Bugis di Sulawesi Selatan mengalami penurunan utamanya di kalangan generasi muda yang mengakibatkan bahasa ini masuk kategori tidak aman (endangered language) dan berpotensi untuk mengalami kepunahan. Oleh karena itu, upaya penekanan laju pergeseran bahasa Bugis sangat urgen dilaksanakan agar tetap lestari. Salah satunya adalah melalui optimalisasi pembelajaran bahasa daerah menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Makalah ini membahas peningkatan proses pembelajaran bahasa daerah tersebut dengan menggunakan Teori Krashen. Teori ini dipilih dengan pertimbangan bahwa teori ini telah banyak mempengaruhi kesuksesan pembelajaran bahasa kedua maupun bahasa asing di berbagai negara.

Full Text:

PDF

References


Chomsky, N. 1965. Aspects of the Theory of Syntax. MIT Press.

Ennis, C. D., Cothran, D. J., & Davidson, K. S. 1997. Implementing curriculum

within a context of fear and disengagement. Journal of Teaching in Physical

Education, 17, 52-71.

Gulzar, M., Gulnaz, F., & Ijaz, A. 2014. Utility of Krashen’s five Hypotheses in the Saudi Context of Foreign Language Acquisition/learning. English Language Teaching, Vol. 7, No. 8, 134-138.

Gunarwan, A. 2005. Kasus-kasus Pergeseran Bahasa Daerah: Akibat Persaingan dengan Bahamas Indonesia. Makalah dalam Kongres MLI XI, Padang.

Krashen, S. 1982. Principles and Practice in Second Language Learning and Acquisition. Oxford: Pergamon.

Krashen, S. 1985. The input hypothesis: Issues and Implications. California: Laredo

Publishing Co Inc.

Lipstein, R., & Renninger, K. A. 2006. "Putting Things into Words": 12-15 year old Students' Interest for writing. In P. Boscolo & S. Hidi (Eds.), Motivation and writing: Research and school practice. New York, NY: Kluwer Academic/Plenum.

Lukman & Gusnawati. 2013. Rancangan Model Pembinaan, Pengembangan, dan Pelestarian Bahasa-bahasa Daerah di Sulawesi Selatan dari Ancaman Kepunahan. Disajikan dalam Seminar Antarbangsa II Arkeologi, Sejarah, dan Budaya di Alam Melayu 26 – 27 November 2013, Istitut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) Universitas Kebangsaan Malaysia.

Mc.Laughlin, B. 1987. Theories of Second Language Acquisition. London: Edward Arnold

MBE Project. 2003. Summary of Findings. Retrieved from http://mbeproject.net.

Poerwadi, P. 2008. Penanganan Dahasa Dayak yang Hampir Punah dan Sudah Punah. Makalah dalam Kongres IX Bahamas Indonesia, Jakarta.

Pramod, P. N, & Kad, M. 2013. Understanding the Importance of Vernacular Medium

Schools in India today. International Journal of Advanced System and Social Engineering Research, Vol 3, Issue 1, 12-17.

Sugiyono. 2013. Pelindungan Bahasa Daerah dalam Kerangka Kebijakan Nasional Kebahasaan. [http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/],

diakses tanggal 20 Maret 2015.

Sulfasyah. 2005. The Role of instruction method on Children’s early Writing Development and Knowledge of Genre. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 12(3), 258-270.

Sulfasyah, Haig, Y., Barratt-Pugh, C. 2015. Indonesian teachers’ implementation of new Curriculum Initiatives in Relation to Teaching Writing in Lower Primary School. International Journal of Education, 7(4), 53–72.

Sulfasyah, Bahri, A., & Saleh, S.T. 2018. Writing Lessons in Grade 1 Indonesian Thematic Textbooks: A content analysis. Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 7 No. 3, January 2018, pp. 495-503.

Tim Penyusun Buku Pedoman Pengajaran Bahasa Jawa untuk Siswa SMA. 2010. Buku Pedoman Pengajaran Bahasa Jawa untuk Siswa SMA. Yogyakarta: Biro Administrasi Pembangunan, Sekretariat Daerah Provinsi DIY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ