PROFIL ASESMEN PRESENTASI BERBASIS KARAKTER PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Nurlina Nurlina, Patta Bundu, Jasruddin Jasruddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran asesmen presentasi mata kuliah praktikum Fisika Dasar I pada mahasiswa Fisika Unismuh Makassar dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan reliabilitas perangkat asesmen presentasi mata kuliah praktikum Fisika Dasar I berbasis karakter di Unismuh Makassar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan alasan utama bahwa penelitian pengembangan ini menfokuskan kajian pada produk berupa perangkat asesmen presentasi fisika yang berbasis karakter. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D. Dimana desain model ini meliputi empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessimenate). Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah diperoleh perangkat asesmen berupa instrumen asesmen presentasi,  perangkat penilaian tersebut telah melalui tahap (1) validasi ahli, (2) revisi berdasarkan penilaian, saran, dan komentar validator, (3) uji coba lapangan, dan (4) revisi berdasarkan analisis data hasil uji coba, serta saran hasil sharing dengan asisten laboratorium.

Full Text:

PDF

References


A, Reni, A. Sopyan, & N. Hindarto. 2013. Pengembangan Self Asessment Sebagai Alat Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis konserfasi Pada Mahasiswa Vol. 2, No. 3, (www. Journal.unnes.ac.id/sju/indekx.php/upej, diakses 13 September 2016).

Arafah, Kaharuddin. 2016. Catatan Perkuliaahn Evalausi Pembelajaran. Makalah di sajikan dalam perkuliahan Power Poin, Pps UNM Makassar, Semester Ganjil 2016/2017.

Bell, Cowie. B. 2000. The Characteristics of Formative Assessment in Science Education. International Journal, (Online), School of Education, University of Waikato, Private Bag 3105, Hamilton, New Zealand. (https://scholar.google.co.id/scholar?q=journal+character+education+in+colleges&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5, Diakses 28 Desember 2016).

Depniknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian: Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikti.

Depdiknas. 2006. Perangkat Pengembangan Silabus Mata Pelajaran. Jakarta. Pusat Kurikulum Balitbang.

Gronlund, Norman E. 1985. Constructing Achievement Test 3rd Edition. London: Prentice-Hall.

Himdani. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, (Online). (http://www.pendidikankarakter.com/pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-dunia-pendidikan/, Diakses 20 September 2015).

Hamzah, Uno, Koni. 2013. Asesmen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Uno, Koni. 2014. Asesmen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Herrman, Cristian, Erin Gerlach, Harald Seelig. 2015. Development And Validition Of Test Instrument For The Assesment Of Basic Motor Competencies In Primary School: Meansurement in Physics Education and Exercise Sciens. The Journal of Education (Online), Jilid 19, Hal. 80-90. ISSN: 1091-367X. Routledge/Taylor & Francir Group, LCC. (http://search.ebscohost.com diakses 09 Mei 2017).

Popham, James W. 1999. Classroom Assessmen What Teacher Need to Know. USA: Simon & Schuster Company.

Nurlina. 2016: Profil Pemahaman Mahasiswa tentang Penilaian Praktikum Fisika Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 4 No 3 ISSN: 2302-8939. FKIP Unismuh Makassar.

Nuryani, R. 2007. Assesmen dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rustaman, N., Dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM.

Tawil, Muh. 2011. Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio Disertai Dengan Assesment. Cetakan Pertama. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Taroreh, B.S., Sugiharto, & Soekardi. 2012. Perangkat Performance Asesmen of Learning Outcomes of Volley Ball in Elementary School. Journal of Physical Education and Sports, (Online), 1(2). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ jpes/article/view/806/832


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ