PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK (STUDI KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DI LINGKUNGAN CAILE KABUPATEN SINJAI)

Nursalam Nursalam, Muhammad Nawir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pembentukan kepribadian anak dalam keluarga.(ii) untuk mengetahui perbedaan pola komunikasi orang tua berpendidikan tinggi dengan orang tua berpendidikan rendah dalam membentuk kepribadian anak dalam lingkungan keluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui berbagai tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (i) tingkat pendidikan orang tua sangat menentukan dalam membentuk kepribadian anak dalam keluarga, khususnya masyarakat yang berdomisili di Lingkungan Caile ; (ii) pola komunikasi orang tua berpendidikan tinggi dengan orang tua berpendidikan rendah memiliki pengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak, semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, semakin baik dalam membentuk kepribadian anak dan semakin baik pula pola komunikasi yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Balson, Maurice. 1996. Bagaimana Menjadi Orang Tua yang Baik. Jakarta : Bumi Aksara.

Cangara, Hafid. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo.

Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga ; sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta : Rineka Cipta.

Hurlock B. Elizabeth. 2009. Perkembangan Anak ; Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : Rajawali Pers.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Prayitno dan Eman Anti. 1995. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : P2LPTK Depdikbud.

Sauri, Sofyan. 2006. Membangun Komunikasi dalam Keluarga. Bandung : PT. Genosido.

Thalib, Syamsul Bachri. 2010, Psikologi Pendidikan Berbasis analis Empiris Aplikatif. Jakarta : Kencana.

Wahlroos, Steven. 2000. Komunikasi Keluarga. Yogyakarta : PT. BPK Gunung Mulia.

Widjaja, H.A.W. 2000. Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Yusuf. S. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja ; Cetakan ke-4 Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ