IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DI SEKOLAH DASAR ALAM JINGGA

Dirgantara Wicaksono, Sinta Amalia Rahayu

Abstract


Penelitian Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar Alam Jingga, Kota Bekasibertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana proses pembelajaran Berbasis proyek di Sekolah Alam Jingga, bagaimana Implikasinya terhadap guru dan siswa. penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi Penelitian di Sekolah Dasar Alam Jingga Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang di implementasikan di Sekolah Dasar Alam Jingga menghasilkan output siswa yang memiliki karakter bersemangat dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu yang besar, berani, mandiri, percaya diri, memiliki inisiatif yang baik, mampu memecahkan masalah, memiliki jiwa kepemimpinan, berpikir kritis dan kreatif.

Full Text:

PDF

References


Altabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain model Pembelajaran Inovatif, progresif, dan kontekstual konsep, landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain pembelajaran yang menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Juni, Priansa Doni. Setiani, Ani. 2015. Manajemen peserta didik dan model pembelajaran (cerdas, kreatif, dan inovatif). Bandung: Alfabeta.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswajs Pressindo

Komalasari. Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Lestari. Sudi. Amaliah, Dini. Interdiana, Ani. Amega, Nur. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uninda Press.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014, Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, Eveline. Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi. Murdiani, Septriana. 2012. Belajar Bersama Alam. Bogor: SoU publisher.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014, Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Sutikno, M. Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ