PERANAN PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Amri Amal, Syarifuddin Kune

Abstract


Penelitian pembelajaran IPA berorientasi Predict, Observe, Explain (POE) ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan proses dan hasil belajar di sekolah dasar. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran IPA, salah satunya adalah dengan mengubah pembelajaran yang bersifat teacher centered menjadi student centered. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dengan tetap memunculkan karakteristik IPA yaitu siswa mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Obiserve-Explain) yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No.167 Inpres Maewang Kabupaten Takalar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampling menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan V B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen memiliki peningkatan keterampilan proses sains yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari hasil uji t-tes yang diperoleh yaitu thitung > ttabel, thitung sebesar 4,097  dan ttabel sebesar 1,664.

Full Text:

PDF

References


Ayhan, C. dan Yavuz, D. 2013. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 86(1): 1-10.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indrawati & Setiawan, W. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Joyce, B., Marsha W & Emily C. 2009. Models of Theaching edisi kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liew. C. W., & D. F. Treagust. 2004. The ffectiveness of Predict-Observe-Explain Tasks in Diagnosing Students’ Understanding of Science and In Identifying their levels of Achievement. Tesis.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nesli,K., Atma, Y. dan Alipasa, A. 2012. International Journal Of Science and Mathematics Education. 11: 555-574.

Ormord, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: (Tidak diterbitkan).

Suyanto, YP, Hadi Susanto, & Suharto Linuwih. 2012. Keefektifan Penggunaan Strategi Predict, Observe and Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Semarang: Unnes Physics Education Journal ISSN NO 2257-6935.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Jakarta: Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Liew, C.W. 2004. The Effectiveness of Predict, Observe, Explain Technique in Diagnosing Studens’ Understanding of Science and Identifying Their Level of Achievement.

Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Aliyatul Muna, Izza. 2017. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama. Volume 5, Nomor 1, Juni 2017; p-ISSN 2338-9648, e-ISSN: 2527631X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ