PERANAN PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ayhan, C. dan Yavuz, D. 2013. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 86(1): 1-10.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Indrawati & Setiawan, W. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.
Joyce, B., Marsha W & Emily C. 2009. Models of Theaching edisi kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Liew. C. W., & D. F. Treagust. 2004. The ffectiveness of Predict-Observe-Explain Tasks in Diagnosing Students’ Understanding of Science and In Identifying their levels of Achievement. Tesis.
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nesli,K., Atma, Y. dan Alipasa, A. 2012. International Journal Of Science and Mathematics Education. 11: 555-574.
Ormord, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: (Tidak diterbitkan).
Suyanto, YP, Hadi Susanto, & Suharto Linuwih. 2012. Keefektifan Penggunaan Strategi Predict, Observe and Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Semarang: Unnes Physics Education Journal ISSN NO 2257-6935.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Jakarta: Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Liew, C.W. 2004. The Effectiveness of Predict, Observe, Explain Technique in Diagnosing Studens’ Understanding of Science and Identifying Their Level of Achievement.
Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Aliyatul Muna, Izza. 2017. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama. Volume 5, Nomor 1, Juni 2017; p-ISSN 2338-9648, e-ISSN: 2527631X
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By: |