EFEKTIFITAS PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) BERBASIS WEBSITE TERHADAP PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMK Al-Fattah Tangerang)

Abdul Hamid Arribathi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan menguji tingkat efektiftas aplikasi Knowledge Management System (KMS) berbasis website terhadap  pembelajaran Agama Islam dengan studi kasus di SMK Al-Fattah Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini mengambil sampel 74 respoden, terdiri atas 37 kelompok control yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakukan, atau kelompok yang tidak menggunakan Knowledge Management System Berbasis Website, dan 37 siswa  sebagai kelas eksperimen, atau kelompok yang diberi perlakukan yaitu kelompok yang menggunakan aplikasi KMS. Untuk menguji apakah aplikasi  Knowledge Management berbasis website dalam pembelajaran mata pelajaran  Agama Islam efektif, digunakan uji Analisis of Varians satu jalur (ANOVA), namun terlebih dahulu kelompok data sebarannya harus berdistribusi normal dan berasal dari kelompok data yang homogeny. Dari table uji normalitas dan table uji homogenitas  diperoleh  nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,318 > 0,05 dan sig  0,958 > 0,05 hal ini menunjukan bahwa data berdistribusi normal, dan berasal dari kelompok data yang homogen hal ini memenuhi syarat untuk dilanjutkan pada uji Analisis of Varians (ANOVA) guna menguji apakah terdapat efektifitas penggunaan aplikasi KMS dalam pembelajaran pelajaran agama Islam di SMK Al-Fattah Tangerang. Dari hasil uji  ANOVA diperoleh bahwa harga F hitung 196,236 dan nilai sig 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa penggunaan Knowledge Management System (KMS) sangat efektif dalam pembelajaran pelajaran agama Islam di SMK Al-Fattah Tangerang.


Keywords


KMS, Website, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, (lantera Hati, Jakarta, 2006), hal. 449

Imam Qurthubi laqob dari Abu 'Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr Al-Ansharal-Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, (Dar al-Kotob al-Ilmiyah Beirut, Libanon, tt ), juz 20, h. 101-102

Jasmadi, Koleksi Template Web dan Teknik Pembuatannya, (Andi, Yogyakarta, 2004)

https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi_web

https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)

Bell, David. . Introduction of Cyberculture, (London : Routledge. 2001), hal .45

Alavi. (2001). Review: Knowledge Management and Knowledge Management Systems:Conceptual Foundations and Research Issues. MIS Quarterly, 25,1 107-36

Supriyanto, Perancangan Aplikasi. (Widyastana, Surabaya, 2005), h. 2

Pasaribu, Manerep.2016. Knowledge, Innovation, & Entrepreneurship. Jakarta :

Kepustakaan Populer Gramedia.

Winda Kurnia Sari, Ken Ditha Tania..Penerapan Knowledge Management System (KMS) Berbasis Web Studi Kasus Bagian Teknisi dan Jaringan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi, 2014

Roger S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Buku Satu, (ANDI, Yogyakarta, 2002), h.37

M. Ngalim Purwanto, Ilmu pendidikan : teoretis dan praktis, (Bagian Proyek Penyediaan Buku Bacaan Anak-anak Sekolah Dasar, Jakarta, 1997), h. 85.

Purwadinata, Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru, (PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1967), h.22




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ