MODEL DAN STRATEGI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Asep Muljawan

Abstract


Lembaga Pendidikan Islam harus mampu membangun generasi Muslim yang tangguh, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan berkarakter mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan Islam harus dikelola secara maksimal melalui Lembaga Pendidikan Islam. Tulisan ini berusaha mengkaji faktor-faktor keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Kajian ini difokuskan pada manajemen lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi tantangan globalisasi. Dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi pustaka. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam bermutu memerlukan model manajemen yaitu model manajemen LPI Bernuansa Entrepreneurship, model manajemen LPI Berbasis masyarakat dan model manajemen LPI berbasis masjid. Selain itu, LPI bermutu memerlukan strategi manajemen baik secara umum maupun khusus. Secara khusus dikenal dengan istilah manajemen stratejik.


Keywords


Model, Strategi Manajemen, Lembaga Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al Syaibany, O. M. (1979). Falsafah Pendidikan Islam , alih bahasa Hasan Langgulung. Jakarta: Bukan Bintang.

An-Nahlawi, A. (1989). Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, Terj. Herry Noer Ali. Bandung: Diponegoro.

Arcaro, J. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan (Terj. Yosai Triantara). Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Ardimen. (2012). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Berbasis SNP Dalam Rangka Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Ta'dib, 15 (2), 137-148.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2014). Komplemen Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Fathurrohman, M. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Praktik dan Teoritik). Yogyakarta: Teras.

Harahap, S. (1998). Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Himayaturohmah, E. (2017). Strategi Pengembangan Manajemen Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar MAsyarakat (Pkbm) Di Provinsi Riau. Jurnal Penjamin Mutu, 3 (1), 100-110.

Khadijah, I. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 59-75.

Khojir. (2011). Pengebangan Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dinamika Ilmu, 11 (2), 1-9.

Muhaimin, & Mujib, A. . (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Mulkhan, A. M. (2004). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi , Buah Pikiran Seputar Filsafat, Politik,Ekonomi, Sosial dan Budaya. Yogyakarta: Presma UIN Yogyakarta.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta: Kencana Prenada.

Nawawi, H. (2005). Manajemen strategik Organisasi Non Pofit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Priyatna. (2016). Manajemen Pengembangan SDM Pada Lembaga Pendidikan Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 1231-1250.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Riyuzen. (2017). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2), 145-165.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: JUrnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, I (1), 64-78.

Rozi, M. (2016). Strategi PEningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi, 4 (2), 322-336.

Sirozi, M. (2004). Agenda Strategi Pendidikan Islam. Yogyakarta: AK Group.

Sisdiknas, U.-U. (2003). Sistem Nasional Pendidikan.

Sodiah. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dan Sekolah. Jurnal Sosial Budaya, 89-100.

Soeroyo. (1991). Berbagai Persoalan Pendidikan, Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Problem dan Prospeknya. Vol I. Fak Tarbiyah IAIN Yogyakarta, 77.

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Bandung: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharto, M. T. (2005). Rekonstruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan . Yogyakarta: Global Utama Pustaka.

Sulistyorini, M. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam:. Yogyakarta: Teras.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Tanu, I. (2016). Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penjamin Mutu, 34-43.

Tim Penyusun. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Umaedi. (2017). Manajemen Mutu Berbasik Sekolah/Madrasah. Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol 6 No 2, 1.

Wahab, M. A. (2013). Spirit Istiqlal, diposting pada 22 Agustus 2013 , diakses pada 24 Juli 2019.Jakarta:http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/08/22/mrwy9w-spirit-istiqlal.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.9-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ