PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KONSEP MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Syawaifiyyah Jakarta Utara)

Margono Mitrohardjono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala madrasah Madrasah Aliyah Syawaifiyyah Jakarta Utara dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan merencanakan, mengkomunikasikan, mengorganisi dan mengawasi program sekolah sesuai dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yaitu dalam aspek otonomi sekolah, akuntabilitas sekolah, jaminan mutu, transparansi dan partisipasi masyarakat.  Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif analitik. Tahapan penelitian terdiri atas tahapan orientasi, eksplorasi dan membercheck. Teknik pengumpulan data digunakan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik  analisis data dibuat dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan / verifikasi dan validitas data Hasil penelitian ini bahwa kepala sekolah telah mengimplementasikan MBS untuk menuju mutu pendidikan dengan kegiatan berikut: Pertama, kepala sekolah merencanakan program sekolah sesuai dengan MBS dengan membuat visi dan misi sekolah, membuat kebijakan dan menetapkan tujuan, merancang program sekolah, menentukan dan mengalokasikan sumber daya sekolah; Kedua, kepala sekolah mengkomunikasikan program sekolah sesuai dengan MBS dengan membangun komunikasi internal dengan guru dan karyawan secara demokratis dan otoriter dan eksternal dengan orang tua murid dan masyarakat; Ketiga, kepala madrasah mengorganisasi program sekolah sesuai dengan MBS yaitu dengan menyusun struktur organisasi sekolah, mendorong partisipasi untuk mencapai harapan memberikan tugas dan mendelegasikan otoritas serta memfungsikan komite sekolah; dan Keempat kepala madrasah mengawasi program sekolah sesuai dengan MBS dengan menetapkan standar sekolah, dan memonitor serta mengevaluasi program madrasah baik dari aspek akademik maupun non akademik. Dengan demikian peranan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Syawaifiyyah Jakarta Utara dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, telah cukup baik ditunjukkan dengan standar kelulusan yang meningkat setiap tahun, namun masih banyak kekurangan di dalamnya yang perlu terus diperbaiki sehingga tercapai Total Quality Management. Peneliti merekomendasi kepada kepala madrasah untuk mempertajam visi, misi dan tujuan madrasah, memperkuat komunikasi internal dan eksternal, memaksimalkan partisipasi berbagai kalangan, terus mengacu pada standar madrasah dalam melakukan pengawasan dan mengaktifkan komite sekolah. Peneliti lain dapat menyempurnakan temuan penelitian ini.


Keywords


Kepala Madrasah, MBS, Kurikulum, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S, (2003) Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daniel, Y. (2008), Principal Leadrship in New Teacher Induction: Becominmg Agent of Change. International Journal of Education Policy & Leadership, Vol. 3

Danim, S. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, 2007 Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Depdiknas.

Duhao, A. (2002), School Based Management. Paris: Internasional Institute for Educational Planning

Fattah, N. (2004), Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraish.

Fattah, N. (1999), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,.

Hasibuan, M. S.P, (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Moleong (2004) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosda Karya.

Muslim, S. (2003), Kinerja Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SLTP Negeri 2 Mataram:Universitas Negeri Surabaya.

Nasution (2004), Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Permadi, D. (2001). Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Mandiri Kepala sekolah. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.

Permadi, D., Aripin, D. (2007). Kepemimpinan Transformasional Kepala sekolah dan Komite sekolah. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.

Permadi, D. dan Daeng A. (2001), Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, Sarana Panca Karya Nusa, Bandung

Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang Kepala Sekolah Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Poerwardarinta, W.J.S, (1996) Kamus Besar Bahas Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

PP Nomor 19 (2005). Tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung: Fokus Media.

Robbins, D. S. (2003), Perilaku Organisasi. Jakarta:Gramedia

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siagian, S. P. (2003), Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, S. P. (2003), Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara

Suderajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: Cipta Cekas Grafica.

Suprapto (2002), Media Jarlit, Reproduksi dan publikasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional, Jakarta

Supriadi, D. (1998), Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfarosa.

Thoha, M. (2001), Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tilaar, H.A.R. (2004). Paradigma baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Tim Redaksi Nuansa Aulis, 2008, Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Nuansa Aulia.

Turney, C. dkk (1992). Educational Management Roles and Tasks: The School Manager, Sidney: Docupro,

Undang-Undang No.20 (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.19-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ