STRATEGI PENCAPAIAN STANDAR LAYANAN PENDIDIKAN NONFORMAL PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT

Ahmad Suryadi, Diah Mutiara

Abstract


Artikel ini membincangkan tentang strategi pencapaian standar layanan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Lembaga PKBM ini dikategorikan sebagai satuan pendidikan nonformal yang memberikan layanan pendidikan di luar sekolah seperti pendidikan keaksaraan, pendidikan kesetaraan, pendidikan keterampilan bagi masyarakat.  Pencapaian standar layanan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) akan dapat tercapai dengan strategi yang baik. Akreditasi adalah proses penilaian kelayakan program dan satuan/lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal, termasuk PKBM. Hasil akreditasi menunjukkan bahwa strategi pengelolaan pelayanan pendidikan nonformal baru mencapai 67,79% dalam standar peengelolaan pendidikan. Strategi yang baik dapat dilakukan dengan melaksanakan langkah-langkah formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Standar layanan dapat diukur dengan kemampuan suatu lembaga menjadi lembaga yang efektif, dapat bertahan, berkelanjutan, dan kuat.


Keywords


Strategi, standar layanan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Suyadi Prawirosentono & Dewi Primasari, Manajemen Stratejik dan Pengambilan Keputusan Korporasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Gregory G. Dess, G.T., Alan B. Eisner Lumpkin, Strategic Management: Creating Competitive Advantages, (Mc Graw-Hill Companies, New York, 2007),

Pearch. Robinson, Manajemen Startegik: formulasi, impilmentasi, dan pengendalian. (Binarupa Aksara, Jakarta, 1997),

Nawawi, Manajamen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif (Gajah Mada University press, Yogyakarta, 2003),

Joesoef Soelaiman, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah (Jakarta, Bumi Aksara, 1986

Maxmanroe, 2012. Pendidikan Non Formal, Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pendidikan-non-formal.htl

Ratminto & Atik Septi Winarsih, Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, (Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2008),




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.49-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ