DESAIN ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN STRUKTUR ORGANISASI PERGURUAN TINGGI DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Saat ini revolusi industri 4.0 telah bejalan dan berkembang dengan pesat, penulis melihat hal ini terjadi begitu cepat dengan berbagai kemudahan-kemudahan pelayanan diberbagai aspek kehidupan manusia yang dapat diakses dengan begitu mudah seperti: kemudahan informasi, kemudahan layanan perbankan, kemudahan transaksi keuangan digital, kemudahan memperoleh pengetahuan dan termasuk pendidikan. Kecepatan dan ukuran perubahan yang terjadi oleh revolusi industri keempat (4.0) tidak bisa diabaikan. Perubahan ini akan membawa pergeseran kekuatan, pergeseran kekayaan, dan pengetahuan. hanya dengan memiliki pengetahuan tentang perubahan-perubahan ini dan kecepatan yang terjadi, kita dapat memastikan bahwa kemajuan dalam pengetahuan dan teknologi menjangkau dan memberi manfaat bagi semua. Karenanya, dunia pendidikan dalam menghadapi tantangan perkembangan industri 4.0 sudah seharusnya mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing, penyusunan kurikulum berbasis industri 4.0 dan melakukan refresh manajemen. Dalam penulisannya, penulis menggunakan metode penulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis yang bersifat normatif filosofis yang disesuaikan dengan sumber-sumber kepustakaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, H. (2016). Filsafat Pendidikan Islam (12 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Arnoldo , H. C., & Majluf, N. S. (1981, May-June). Organizational Design: A Survey and an. Institute for Operations Research and the Management Sciences (INFORMS), 29(3), 4117-448.
Arnoldo , H. C., & Majluf, N. S. (1981, May-June). Organizational Design: A Survey and an. Institute for Operations Research and the Management Sciences (INFORMS), 29(3), 41i7-448.
Burton, R. M., & Obel, B. (2018, March 1). The science of organizational design: fit between structure and coordination. Journal of Organization Design, 1-13.
Dirgantari, P. D. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan T (Studi pada Mahasiswa Asing di ITB, UNPAD, dan UPI). https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/1039, 3(2).
Fauzi, & Irviani, R. (2018). Pengantar Manajemen (Revisi ed.). Yogyakarta: Penerbi Andi.
Harto, K. (2018, Juni). Jurnal Tatsqif, Tantangan Dosen PTKI Di Era Industri 4.0. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 1-15.
Haryono , S., & Arafat, Y. (2017). Effects of Organizational Culture and Work Motivation on Job Performance Among the Private lJniversities' Full-time Faculties in South Sumatera Province. Information, 8, 5563-5575.
http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/. (n.d.). Undangg-Undang Nomor 12 Tahun 2012. Retrieved from http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-12-tahun-2012-ttg-pendidikan-tinggi.pdf.
https://aptika.kominfo.go.id. (2019, April 12). Digitalisasi Sektor Pendidikan untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/digitalisasi-sektor-pendidikan-untuk-hadapi-revolusi-industri-4-0/
Imron, A. (2004). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia, Proses, Produk dan Masa Depannya (4 ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Indrajit, E. R., & Djokopranoto, R. (2006). Manajemen perguruan Tinggi Modern (1 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Janićijević, N. (2013). The Mutual Impact Of Organizational Culture And Structure. Economic Annals, 58(198), 35-60.
Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi, Tantangan Dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarja Universitas PGRI Palembang, (pp. 364–370.). Palembang.
Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan (4 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018, Juni 1). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 42-54.
Riyono, B. (2006, Juni). Konsep Dasar dalam Mendesain Organisasi. Buletin Psikologi, 14(1), 43-67.
Robbins, S. P. (1994). Teori Organisasi. Struktur, Desain dan Aplikasi (1 ed.). (J. Udaya, Trans.) Jakarta: Arcan.
Robbins, S. S., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (16 ed.). (R. S. Sirait, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.
Saifullah. (2005). Muhammad Quthb dan Sistem Pendidikan Non Dikotomik. Yogyakarta: Suluh Press.
Sanaky, H. A. (2008). Permasalahan dan Penataan Permasalahan dan Penataan yang Bermutu. El-Tarbawi, 1(1), 83-97.
Schwab, K. (2015, July 6). The Fourth Industrial Revolution: what it means, how to respond. Retrieved from https://www.weforum.org: https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth-industrial-revolution-what-it-means-and-how-to-respond/
Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK, 1(2), 102-110.
ttps://kelembagaan.ristekdikti.go.id. (n.d.). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Retrieved from ttps://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Warseno. (2007, Desember 2007 Hlm). Model Kelembagaan Pembangunan Kawasan Andalan Tolitoli. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, 9(3), 130-139.
www.cnnindonesia.com. (2019, November 27). Jalan Panjang dan Tantangan Nadiem Ubah Wajah Pendidikan. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191127093918-20-451862/jalan-panjang-dan-tantangan-nadiem-ubah-wajah-pendidikan
Xu, M., David, M. J., & Kim, S. H. (2018, March 8). The Fourth Industrial Revolution: Opportunities and Challenges. International Journal of Financial Research, 9(2), 90-95.
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.1.1-14
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License