STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU PAI (Studi Penelitian Di MA Baabussalaam Kota Bandung)

Taufik Maulana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan yang terjadi hari ini, guru Pendidikan Agama Islam  profesionalismenya sangat rendah, diantaranya dikarenakan rendahnya kualifikasi akademik dari Guru Pedidikan Agama Islam itu sendiri juga pengaruh dari kepala madrasah yang belum bisa menggugah dan menimbulkan optimalisasi Guru Penddikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mempeoleh gambaran tentang Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung, memperoleh gambaran tentang Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung, memperoleh gambaran tentang Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung dan Dampak yang dihasilkan Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kopetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau suatu fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah sangat efektif dalam mencapai salahsatu tujuannya, Kepala madrasah selalu menitikberatkan peningkatan kompetensi professional guru dalam setiap program pengembangan yang dibuat sekolah. hal ini dikarenakan, mengingat kompetensi professional memiliki memiliki indikator esensial yang akan berdampak pada hasil lulusan atau output peserta didik yang berkualitas yang sejalan dengan cita-cita visi misi sekolah, 2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di S MA Baabussalaam Kota Bandung terealisasi dengan baik, 3) Kendala dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI yang dilakukan kepala madrasah, mampu diminimalisir dan diatasi dengan baik, terbukti dengan masifnya pembinaan, sosialosasi terkait penggunaan IT/ Aplikasi berbasis IT mampu diikuti dan diimplementasikan dengan baik oleh guru dan 4) Dampak yang terjadi setelah adanya treatment yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI, guru PAI semakin professional dalam mengemban tugasnya sebagai guru dan mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan undang-undang serta semakin mampu menguasai materi yang akan disampaikan sepada peserta didik. Kompetensi leadership dan spiritual semakin terlihat, guru semakin bijak dalam mengambil keputusan, baik di dalam kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung maupun keputusan yang menyangkut masalah tugas dan tanggungjawabnya sebagai tenaga pendidik sesuai amanat undang-undang, serta jiwa keberagamaannya semakin kuat, sisi senantiasa menjadi teladan yang baik bagi siswa, dan termasuk kompetensi personal/ kepribadian, social, pedagogic dan professionalnya juga terlihat meningkat.

Keywords


Profesi, Pendidikan Agama Islam, Kompetensi, Leadership

Full Text:

PDF

References


, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta:Fokus Media)

E. Mulyasa Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung : Bumi Aksara

E. Mulyasa, Menjadi Guru Professional, Bandung : PT Remaja Rosda Karya

educational goals: Handbook 1, cognitive domain. Http://www.corosion doctor.org/Training/Bloom.html. didownload pada 7 februari 2017.

Esterberg dalam Sugiono (2008:73) Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung

Gary, A. Yukl (1994) Kepemimpinan Dalam Organisasi , Penerjemah : Yusuf Udaya, J Ghalia Indonesia.

Helmawati (2014) Meningkatkan Kinerja kepala sekolah/madrasah melalui manajemen

Helmawati, Sistem Informasi Manajemen PAI, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2015)

Hosking D. M (1988) Organizing Leadership and Skillfull Process, Journal of

Jacob T.O., & Jacques E. (1990:281). Militery executive leadership. Measures of Leadership.

Jakarta : Prenhalindo .

KIK Press John W Creswell 2002 Desain Penelitian Pendekatan Kualitative dan Kuantitative . john Wiley & Sons inc. 1982.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta: Erlangga, 2007)

ST Vembriarto, Pengantar Perencanaan Pendidikan (Educational Planning), (Yogyakarta: Andi Offset, 1988)

Sunhaji, Manajemen Madrasah, (Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2006)




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.1.55-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ