MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH MELALUI PEMBELAJARAN Al-ASMA’ AL-HUSNA DENGAN “METODE 2-2” (STUDI KASUS DI LAB SCHOOL FIP UMJ)

Authors

  • Andriyani Andriyani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Margono Mitrohardjono Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.39-46

Keywords:

Sandpaper, Kemampuan mengenal sifat-sifat Allah

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab pada anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun. Berdasar hasil penelitian diperoleh data bahwa perolehan pra siklus diperoleh hasil hasil 60% meningkat pada siklus 1 sebesar 16% menjadi 79%, selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 26% menjadi 89%. Berdasarkan prosentase ketercapain dari penelitian ini, maka hipotesis dapat diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa melalui Al-Asma’ Al-Husna dapat memudahkan anak dalam mengenal sifat-sifat Allah pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Lab School FIP UMJ. Melalui penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa salah satu cara cepat mengenalkan sifat-sifat Allah yaitu melalui pembelajaran Al-Asma’ Al-Husna, dengan “Metode 2-2”.

References

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikkan KB-Tk Lab School FIP UMJ TP 2019-2020.

Idrus H. (1065). Risalah Akbar Asma Al Husna, Pekalongan : CV Gunung Mas.

Abu Ghuddah, Abdul Fattah, (2012). 40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Hujjatul Islam Abn Hamid Al-Ghazali, (2002). Asmaaul Husna persepektif Al-Ghazali. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Krishna, Anad, (1999). Asmaul Husna 99 Nama Allah Bagi Orang Modern. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Syaikh Hasan Al Banna. (1987). Ilmu Tauhid (Matematika Iman). Surabaya : Al Ikhlas.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan dan R & D), Bandung: Alfabeta.

Bahar, Herwina. (2012). Pembelajaran Webbed Berbasis Al-Asm ̅A’ Al-Husna Dalam Pembentukan Karakter Di Labschool FIP UMJ

Trister Dodge, Diane. (2009). The Creative Curriculum for Preschool, Washington DC, Teaching Strategies.

Downloads

Published

2018-05-30