SISTEM PENDIDIKAN YANG ISLAMI YANG SESUAI DENGAN NILAI-NILAI YANG BERSIFAT TRANSENDENTAL

Ali Mubin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan, diantaranya, Pertama: pada masa ini terdapat kesalahan landasan filosofis yang diterapkan oleh lembaga pendidikan yakni umumnya pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh paradigma Barat yang cenderung sekuler. Kedua: sudah waktunya umat Islam menerapkan prinsip-prinsip pendidikan yang berdasarkan ajaran Islam yang bersumber kepada Al-Quran dan as-Sunah. Adapun Metode penulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis yang bersifat normatif filosofis yang disesuaikan dengan sumber-sumber kepustakaan. Hasil penelitian dapat disebutkan bahwa rumusan pendidikan yang islami adalah pendidikan yang mendasarkan konsepsinya pada ajaran Islam (tauhid), yaitu upaya mengefektifkan aplikasi nilai-nilai agama Islam yang dapat menimbulkan transformasi nilai dan ilmu pengetahuan secara utuh kepada manusia, masyarakat dan dunia pada umumnya sesuai dengan nilai-nilai yang bersifat transendental.

Keywords


Pendidikan, Islam, Sistem pendidikan, nilai-nilai, transendental

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Moh., Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam (terj), H. Bustami A.Ghani dan Djohar Bahry, (Jakarta: Bulan Bintang, 1974), cet. II.

Ahmadi, Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Theosentris, (Yogyakata: Pustaka Pelajar, 2008), Cet.ke-2.

Al-Syaibany, Omar Muhammad, al-Thoumy, Filsafat Pendidikan Islam, (terj) Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979), Cet ke-1.

Amin, Ahmad, Etika; Ilmu Akhlak /terjemah (KH. Farid Ma‟ruf (Jakarta: Bulan Bintang, 1983), Cet. ke-3.

Arifin , Samsul, dkk, Spiritualitas Islam dan Peradaban Masa Depan, (Yogyakarta: SIPRESS, 1996), Cet. ke-1.

Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara), 2003.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu: 1999), Cet. Ke-1.

Abu Hasan, Aliy al-Hasany al-Nadwy, Kerugian Apa Yang Diderita Dunia Akibat Kemerosotasn Kaum Muslimin, (terj.) Abu Laila dan Muhammad Tohir (Beirut: Darl Quran al-Karim: 1984).

Abdurrahman, Moeslim, Islam Transformatif, (Jakarta: Pustaka Firdaus: 1997), Cet. Ke-3.

Abd. Al-Baqiy, Muhammad Fuad, al-Mu‟jam al Mufahras li al-Fadz al-Quran alKarim, (Beirut: Darl Fikr, 1987).

Fadjar, A.Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Fajar Dunia, 1999), Cet. Ke-1.

Karim, Rusli, Pendidikan Islam antara Fakta dan Cita, (Yogyakarta: Tiara Wacana), 1991.

Muhaimin, dkk., Manajemen Pendidikan dan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Prenada Media Group, 2009), Cet. I.

Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam, Cet. Ke-1, (Jakarta: Kencana), 2007.

Putra Daulay, Haidar, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, (Jakarta: Penada, 2004), Cet. Ke-1.

Sadzali, Munawir, Islam dan Tata Negara: Ajaran Sejarah dan Pemikiran, (Jakarta: UI Press, 1990), Cet. Ke-1.

Shihab, Quraish, Membumikan Al-Quran, (Bandung: Mizan, 1992), Cet. Ke-2.

--------, Wawasan Al-Quran, Tafsir Maudhu‟i Atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan, 1996), Cet. Ke-3.

Syamsul Arifin, dkk., Spiritualitas Islam dan Peradaban Masa Depan, (Yogyakarta: SIPRESS, 1996), cet. 1, hlm. 152

Thalib, Muhammad, 20 Kerangka Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Ma‟alimul Usroh), 2001.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.47-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ