STARTEGI PENGEMBANGAN STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH DASAR (STUDI PADA SEKOLAH DASAR LAB SCHOOL FIP UMJ)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pengembangan struktur organisasi dengan fokus pengembangan struktur organisasi satuan pendidikan dasar yaitu SD Lab School FIP UMJ. Dalam penelitian ini dideskripsikan bagaimana usaha kepala sekolah di SD Lab School FIP UMJ, dalam melakukan pengembangan organisiasi, maka pendekatan kualitatif, yang digunakan adalah metode deskriptif- kualitatif. Dalam membuat strategi pengembangan struktur organisasi sekolah, kepala sekolah memiliki tim khusus yang disebut dengan Tim Pengembang. Tim ini terdiri dari guru tetap yayasan (GTY) yang merupakan guru senior yang bekerja berdasarkan SOP. Atas masukan-masukan yang akurat dan akuntabel dari Tim, kepala sekolah telah berhasil dalam menentukan kebijakan benar-benar menerapkan asas right man on the right place yaitu menempatkan seseorang sesuai dengan bidangnya atau profesional. Dapat di simpulkan bahwa kepala sekolah dapat memastikan bahwa warga sekolah dalam hal ini guru, siswa, orang tua, karyawan, dan komite dapat menjaga hubungan di antara mereka sehingga mereka punya rasa memiliki (sense of belonging) dan rasa tanggung jawab (sense of responsibility) terhadap organisasi dalam hal ini lembaga sekolah.
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the organizational structure development strategy with a focus on the development of the basic education unit organizational structure, namely SD Lab School FIP UMJ. In this study, it describes how the principal's efforts at the SD Lab School FIP UMJ, in carrying out organizational development, the qualitative approach used is the descriptive-qualitative method. In making the school organizational structure development strategy, the principal has a special team called the Development Team. This team consists of permanent foundation teachers (GTY) who are senior teachers who work based on SOPs. Due to accurate and accountable input from the Team, the principal has succeeded in determining the policy to actually apply the principle of right man on the right place, namely placing someone according to their field or professional. It can be concluded that the principal can ensure that school members, in this case teachers, students, parents, employees, and the committee can maintain relationships between them so that they have a sense of belonging and a sense of responsibility. to the organization, in this case the school institution.
Keywords: Teamwork, Responsibility, Professional, Ownership
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku Panduan SD Lab School FIP UMJ Tahun Ajaran 2019-2020
Buku Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SD Lab School FIP UMJ Tahun Ajaran 2019-2020
Empire’s Family of Brands Rolls out Sensory Friendly Shopping to More than 450 stores across the Country, 4 Desember 2019
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purhantara, W. (2012). Organizational Development Based Change Management. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan.https://doi.org/10.21831/jep.v6i2.582
Qibtiah. 2018. Manajemen Sekolah Alam dalam Pengembangan Karakter pada Jenjang Sekolah Dasar di School of Universe. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 6, N0.02: 626-635
Rahayu, Mugi. 2015. Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 8, No.1: 62-79
Robbins, 2010. Organizational Structure and Design, halaman 105-127
Royono, Bagus. 2006. Konsep Dasar Dalam Mendesain Organisasi. Buletin Psikologi. Volume 14, No.1: 43-56
Syafaruddin. 2015. Manajemen Organisasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.69-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License