IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QURÁN

Tarmizi Tarmizi, Margono Mitrohardjono

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk pengembangan dan implementasi manajemen mutu serta penerapan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang telah dilakukan di pesantren Daarul Qurán sebagai lembaga dakwah. Daarul Qurán yang dirikan oleh Jam’an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur pada tanggal 5 Juli tahun 2003, dibantu oleh Ahmad Jamil, Muhammad Anwar Sani, dan Tarmizi. Daarul Qur’an mengembangkan aktivitas dengan mengelompokkan pada 3 (tiga) kegiatan usaha, yaitu: pendidikan, zakat dan wakaf, dan ekonomi. Dalam perjalanan dakwahnya memilih pendidikan sebagai aktifitas lembaga dengan mendirikan Pesantren Tahfizh Daarul Qurán.  Tahfizh Daarul Qurán dalam memberikan arah dan langkah untuk meningkatkan mutu pendidikannya, dimana saat ini, pesantren juga mengalami banyak perubahan dalam sistem dan manajemennya, kemampuan pesantren untuk survive hingga kini merupakan kebanggaan bagi umat Islam. Tujuan pondok pesantren adalah membentuk kepribadian, memantapkan ahlak dan melengkapi dengan pengetahuan. Daarul Qurán dalam pengembangan dan meningkatkan sistem pendidikan pesantren hasilnya telah memenuhi kepuasaan pelanggan baik pelanggan ekternal maupun internal. Pesantren Tahfizh Daarul Qurán telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen untuk menjamin mutu pendidikan dalam mencapai tujuan dan visi dan misi lembaga. Pesantren Tahfizh Daarul Qurán sebagai sebagai lembaga pendidikan yang menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional telah memiliki standar mutu yang jelas, dan sesuai telah memenuhi serta sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional sebagaimana yang termaktub dalam UU No. 20/2003 dan PP No. 13/2015

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to develop and implement quality management and the application of Islamic Education Management (MPI) which has been carried out at the Daarul Qurán Islamic boarding school as a da'wah institution. Daarul Qurán which was founded by Jam'an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur on July 5, 2003, assisted by Ahmad Jamil, Muhammad Anwar Sani, and Tarmizi. Daarul Qur'an develops activities by grouping into 3 (three) business activities, namely: education, zakat and waqf, and economy. During his missionary journey, he chose education as an institutional activity by establishing the Daarul Qurán Tahfizh Islamic Boarding School. Tahfizh Daarul Qurán in providing direction and steps to improve the quality of education, where at this time, pesantren have also experienced many changes in their systems and management, the ability of pesantren to survive until now is a matter of pride for Muslims. The purpose of the boarding school is to form personality, strengthen morality and equip it with knowledge. Daarul Qurán in developing and improving the pesantren education system has met the results of customer satisfaction, both external and internal customers. Daarul Qurán Tahfizh Islamic boarding school has implemented management functions to ensure the quality of education in achieving the goals and vision and mission of the institution. Daarul Qurán Tahfizh Islamic Boarding School as an educational institution that is part of the national education system has clear quality standards, and accordingly meets and is in accordance with the national education quality standards as stipulated in Law no. 20/2003 and PP. 13/2015

Keywords: Management, Quality, Islamic Boarding School


Keywords


Manajemen, Mutu, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Abbasil, A. S., Rehman, K. U., & Bibi, A. (2010, Agustus). Islamic Management Model. African Journal of Business Management, 4(9), 1873-1882.

Abdul Baqi, M. F. (2016). , Al-Lu'lu Wal Marjan, Mutiara Hadist Sahih Bukhari Muslim (13 ed.). (Aqwam, Trans.) Jakarta: Ummul Qurra.

Achyar. (2017, Juli). Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dan Impementasinya Dalam Pendidikan Islam Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Tawazun , 10(2), 180-204.

Al-Mawardi, I. (2015). Ahkam Sulthaniyah. Sistem Pemeritahan Khilafah Islam (1 ed.). (K. Fath, & Fathurrahman, Trans.) Jakarta: Qitsi Press.

Arfandi. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Melalui Total Quality Service. Lisan Al-Hal, 13(2), 239-258.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendiikan Islam (2 ed.). Jakarta: Ciputat Press.

Arifin, H. M. (2016). Filsafat Pendidikan Islam (12 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Arnold, T. (1981). The Preaching of Islam, Penerbit , cetakan ke-3, hal. 317. Jakarta: Widjaya Jakarta.

As Shidiq, T. (2018). Dakwah Daarul Qurán Menuju Lima Benua. Retrieved Aprli 16, 2019, from https://daqu.sch.id/2018/10/31/dakwah-daarul-quran-menuju-lima-benua/

As Shidiq, T. (2020). Rumah Tahfidz : Sejarah, Gerakan, dan Dinamika Membumikan Tahfidul Qurán dari Yogyakarta (1 ed.). Tangerang: PT. Daqu Bisnis Nusantara.

Asifudin, A. J. (November 2016, November). Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam(2), 355-366.

Basyit, A., Koesmawan , & Masyitoh . (2019). Collective Leadership Of Jakarta Selatan Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami In Total Quality Management Perspective. International Journal of Publication and Social Studies, 4(1), 11-19. doi:10.18488/journal.135.2019.41.11.19

Chairunnissa, C. (2016). Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif (1 ed.). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Daarul Qurán. (2019). Sop Akademik. Tangerang: Biro Akademik Litbang Pesantren Tafizh Daarul Qur’an.

Daarul Qurán. (2020). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (1 ed.). Tangerang: Daqu Publishin1.

Dali, Z. (2017). Manajemen Mutu Madrasah (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damanik, K. I. (2015, Juni 30). Daarul Qur'an Terpilih Sebagai Yayasan Alquran Terbaik di Dunia. Retrieved from www.detik.com: http://news.detik.com/berita/2956073/daarul-quran-terpilih-sebagai-yayasan-alquran-terbaik-di-dunia

Darajat, Z. (2016). Ilmu Pendidikan Islam (12 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Echol , J. M., & Shadily, H. (2003). Kamus Indonesia Inggris (9 ed.). Jakarta: Gramedia.

Efendi, N. (2014). Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren: Kontruksi Teortik dan Praktik Pengelolaan Perubahan Sebagai Upaya Pewarisan Tradisi Dan Menatap Tantangan Masa Depan (1 ed.). Yogyakarta: Teras.

Fauzi, M. (2019). Tahfizh Alqurán : Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran di Pesantren Tahfizh Daarul Qurán. Tangerang: PSP Nusantara Tangerang.

Handayani, N. (2014, Desember 2). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar, Vol. 1, No. 2 Desember 2014, hlm. 82. An-Nuha, 1(2), 81-97.

Hasan, M. (2015, Desember). Inovasi Dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman, 23(2), 295-305. doi:10.19105/karsa.v2312.728

Hidayat , R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Alqurán Tentang Manajemen Pendidikan Islam (1 ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Jafri D, N., Rahmat, A., & Bawahi. (2017). Manajemen Mutu Terpadu. Yogyakarta,: Zahir Publising.

Jahari , J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah, Teori, Strategi, dan Implemtasi (1 ed.). Bandung: CV. Alvabeta.

kelembagaan.ristekdikti.go.id. (2003, Desember 3). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Retrieved 2020, from ttps://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Kompri. (2018). Manajemen Dan Kempemimpinan Pondok Pesantren (1 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Kristian P, F. A., & Hotman, P. (2014). Analysis of Customer Loyalty through Total Quality Service,. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(3), 142-151.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 7(1), 84-97.

Latif, Y. (2013). Genealogi Inteligenesia, Pengetahuan dan Kekuasaan Intelegensia Muslim Indonesia Abad XX (1 ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Machmud, R. (2008). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2).

Masditou. (2017, Juli 2). Manajemen Pembiyaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu . Jurnal ANSIRU PAI, 1(2), 119-145.

Maya, R., & Lesmana, I. (2018, Juli). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management,, 1(2), 291-316.

Media Daqu. (2019). Profil Pesantren Tahfizh Daarul Qurán. Tangerang: Daqu Publsihing.

Mitrohardjono, M., & Arribathi , A. H. (2010, Januari). dengan judul " Penerapan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Menuju Sekolah Efektif. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(1), 34-63.

Muadin, A. (2017, November). Manajemen Pemasaran Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Qurán. Ta'allum : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 293-308. doi:DOI: 10.21274/taalum.2017.5.2.293-308

Muhajir. (2013). Pergeseran Kurikulum Madrasah, Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Hartomo Media Pustaka.

Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan : Mengatasai Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia (4 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Nata, A. (2013). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Nata, A. (2016). Kapita Selekata Pendidikan Islam : Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam (3 ed.). Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Nata, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam (4 ed.). Jakarta: Kencana.

Oemar, H. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum (2 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya,.

Priansa, D. J. (2016). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik, (1 ed.). Bandung: Pustaka Setia.

Rahmat, J. (2016). Pendidikan Islam pendekatan Sistem dan Proses (1 ed.). Jakarta: PT Rajawali Pers.

Robbins, S. S., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (16 ed.). (R. S. Sirait, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1 ed.). Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sakilah. (2013). Belajar dalam Perspektif Islam. Menara, 12(2), 156-164.

Sa'ud, U. S. (2015). Inovasi Pendidikan (7 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sekretariat Pesantren Daqu. (2014). Standar Operasional Pelaksanaan Pesantren Tahfizh Daarul Qurán. Banten: Daqu.

Siswanto. (2015, Desember). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. Karsa: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman, 23(2), 258-274.

Suwito. (2015). Manajemen Mutu Pesantren (Studi pada Pondok Pesantren Pembangunan "Miftahul Huda" bersertifikat ISO 9001; 2008, Cigaru Sidareja, Cilacap) (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Tim Dirjen Pendis Kementrian Agama RI. (2018). Ensiklopedi Islam Nusantara : Edisi Budaya. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementrian Agama RI.

Toni, A. (2018, Juni). Jurnal Avant Garde. 6(1), 1-17.

Umiarso, & Asnawan. (2017). Kapita Selekta Pendidikan Islam : Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan (1 ed.). Depok: Kencana.

Usman, H. (2019). Manajemen : Teor, Praktik, dan Riset Pendidikan (4 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Yatimah, D. (2011). Manajemen Pendidikan Pesantren dalam Upaya Peningkatan Mutu Santri. el-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 9(1), 59-78.

Yudiawan, A. (2019). Rekonstruksi Manajemen Mutu Pesantren. ALFIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 10-17.

Zehira, C., Ertosunb, Ö. G., Zehirc, S., & Müceldillid, B. (2012). Total Quality Management Practices’ Effects on Quality Performance and Innovative Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 41, 273 – 280. doi:10.1016/j.sbspro.2012.04.031




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.81-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ