KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM DALAM UPAYA PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN

Endang Listiowaty

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan konsep manajemen berbasis pendidikan Islam dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif lebih menekankan pada studi kepustakaan. Sumber data penelitian terdiri atas informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan Fokus Group Discussion. Validitas data menggunakan triangulasi, mencocokan pada teori serta sumber, teknik, dan peneliti. Sekolah adalah lembaga pendidikan tempat mendidik siswa tentang ilmu pengetahuan umum dan keagamaan. Hasil penelitian ini bahwa proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dengan guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan, dan yang paling inti di dalamnya adalah tentang manajemennya. Keberhasilan manajemen akan menjadi barometer keberhasilan pendidikan sendiri. Manajemen pendidikan berbasis islam, mungkin merupakan kata yang sering kita kenal, kita dengar bahkan kita kerjakan, akan tetapi banyak dari kita yang mungkin belum paham sepenuhnya makna dari definisi manajemen pendidikan islam tersebut. Kesimpulan bahwa kita harus lihat apa sesungguhnya makna dari manajemen pendidikan bebasis islam. Sehingga dapat menerapkan konsep manajemen pendidikan berbasis islam, yang pada gilirannya dapat mencapai tujuan pendidikan dengan penerapan manajemen pendidikan berbasis Islam

ABSTRACT


The purpose of this study is to analyze the application of management concepts based on Islamic education in order to achieve educational goals. This research uses a qualitative approach with descriptive methods emphasize on library research. Sources of research data consist of informants, places and events, and documents. Data collection techniques used interviews, observation, documentation, and focus group discussions. The validity of the data used triangulation, matching the theory and sources, techniques, and researchers. Schools are educational institutions where students educate students about general science and religion. The results of this study indicate that the teaching and learning process is basically a series of activities carried out by students with the teacher to achieve the expected goals, and the most important thing in it is about management. Management success will be a barometer of educational success in itself. Islamic-based education management may be a word that we often know, hear and even do, but many of us may not fully understand the meaning of the definition of Islamic education management. The conclusion is that we have to see what the real meaning of Islamic-based education management is. So that it can apply the concept of Islamic-based education management, which in turn can achieve educational goals by implementing Islamic-based education management


Keywords: Educational Goals, success, Islamic-based Educational Management


Keywords


Tujuan Pendidikan, keberhasilan, Manajemen Pendidikan berbasis Islam

Full Text:

PDF

References


Rohman Muhammad, M.Pd.2012. Manajemen Pendidikan. Penerbit PT Prestasi Pustakaraya:Jakarta

Margono Drs. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Rineka Cipta:Jakarta

Soleha dan Rada. 2011. Ilmu Pendidikan Islam.Penerbit Alfabeta: Bandung

Salim Haitami. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Ar-ruzz Media:Jogjakarta

Maolani Rukaesih.2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Raja Grafindo Persada:Depok

Jamin Ahmad.2016. Filsafat Ilmu. Penerbit Alfabeta: Bandung

Musfah Jejen.2011.Pendidikan Holistik. Penerbit Kencana Prenada Media Group:Jakarta

Zakiah Daradjat.2014.Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit PT Bumi Aksara:Jakarta

Safaat Aat.2008.Peranan Pendidikan Agama Islam. Penerbit Pt RajaGrafindo Persada:Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.105-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ