USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PADA MADRASAH TSNAWIAH DARUSSALAM CENTER)

Nursyifa Nursyifa, Margono Mitrohardjono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat pecandraan (gambaran) secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian di MTs Darussalam Center. Dalam penelitian ini dideskripsikan bagaimana usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs Darussalam Center. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, yang digunakan adalah metode deskriptif- kualitatif. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs Darussalam Center berjalan dan berhasil baik. Prestasi siswa meningkat dengan outcomes yang meningkat, guru menjadi professional, proses pembelajaran terlihat efektif dan efisien, juga meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan. Dapat disimpulkan keberhasilan dapat di lihat dibidang akademik dibuktikan dengan hasil ujian yang selalu meningkat setiap tahunnya dan banyaknya lulusan MTs Darussalam Center yang bisa menempuh pendidikan lanjutan dan diterima di sekolah favorit atau negeri. Sedangkan di bidang non akademik, banyak siswa yang berprestasi dan mendapatkan penghargaan di bidang olahraga dan seni


ABSTRACT
The purpose of this research is to make a systematic, factual, and accurate description of the facts and characteristics of situations or incidents at MTs Darussalam Center. This research describes how the principal's efforts to improve the quality of Islamic education at MTs Darussalam Center. This study used a qualitative approach, which used a descriptive-qualitative method. The results of research in the field indicate that the efforts made by the principal in improving the quality of Islamic education at MTs Darussalam Center are running and have been successful. Student achievement increases with improved outcomes, teachers become professionals, the learning process looks effective and efficient, it also improves the quality of educational facilities and infrastructure. It can be concluded that success can be seen in the academic field as evidenced by the results of examinations that are always increasing every year and the number of MTs Darussalam Center graduates who can take further education and be accepted in favorite or public schools. Meanwhile, in the non-academic field, there are many students who excel and get awards in sports and arts


Keywords: Quality, Achievement, Outcomes, Effective and Efficient, Professional


Keywords


Mutu, Prestasi, Outcomes, Efektif dan efisien, Profesional

Full Text:

PDF

References


Buhungo, R. A. (2015). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 3, 105-113.

Damopolii, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 3, 68-81.

Hasbi. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional di Kota Palopo Tahun 2011-2012. Jurnal Diskursus Islam , 1, 381-395.

Iskandar, U. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan , 1018-1027.

Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mubarak, F. (2015). Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Management of Education , 1, 10-18.

Muhaimin, H. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Munir, A. (2010). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nahlawi, A. A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Nata, A. (2010). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia (3 ed.). Jakarta: Kencana.

Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Rosdianti, S. R. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kinerja Guru dan Peningkatan Mutu Pembelajaran: Studi Deskriptif pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kota Bandung. Jurnal Kajian Pendidikan ,93-106.

Sugiyono. (2012). METODE PENELITIAN ADMINISTRASI. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional (Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah). Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

suryosubroto, B. (2014). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung:Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Zazin, N. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan: Teori dan Aplikasi. (M. Sandra, Penyunt.) Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.135-144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ