STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU PAI (Studi Penelitian Di MA Baabussalaam Kota Bandung)

Taufik Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempeoleh gambaran tentang Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau suatu fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Diperoleh gambaran tentang Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung dan Dampak yang dihasilkan Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kopetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Baabussalaam Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah sangat efektif dalam mencapai salahsatu tujuannya, Kepala madrasah selalu menitikberatkan peningkatan kompetensi professional guru dalam setiap program pengembangan yang dibuat sekolah. hal ini dikarenakan, mengingat kompetensi professional memiliki memiliki indikator esensial yang akan berdampak pada hasil lulusan atau output peserta didik yang berkualitas yang sejalan dengan cita-cita visi misi sekolah, 2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di S MA Baabussalaam Kota Bandung terealisasi dengan baik, 3) Kendala dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI yang dilakukan kepala madrasah, mampu diminimalisir dan diatasi dengan baik, terbukti dengan masifnya pembinaan, sosialosasi terkait penggunaan IT/ Aplikasi berbasis IT mampu diikuti dan diimplementasikan dengan baik oleh guru dan 4) Dampak yang terjadi setelah adanya treatment yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI, guru PAI semakin professional dalam mengemban tugasnya sebagai guru. Kesimpulannya bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah yang pada akhirnya mampu meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dan dimana guru mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan undang-undang serta semakin mampu menguasai materi yang akan disampaikan kepada peserta didik sekaligus para siswa mampu mengimplementasikannya di dalam proses pembelajaran di kelas oleh guru dan semakin baik, juga senantiasa guru menjadi teladan yang baik bagi siswa, dan termasuk kompetensi personal atau kepribadian, sosial, pedagogik dan professionalnya juga meningkat.


ABSTRACT
This study aims to obtain an overview of the principal's strategy in increasing the professional competence of Islamic Religious Education Teachers at MA Baabussalaam, Bandung City. This study uses a descriptive method with a qualitative approach, namely research that aims to describe a situation or a phenomenon that occurs. The data collection technique is done by interview, observation and documentation study. Obtained an overview of the obstacles of school principals in increasing the professional competence of Islamic Religious Education Teachers at MA Baabussalaam, Bandung City and the resulting impact of the strategy of madrasah principals in increasing the professional competence of Islamic Religious Education Teachers at MA Baabussalaam, Bandung City. The results showed that: 1) The leadership style of the head of the madrasah is very effective in achieving one of its goals, the head of the madrasah always focuses on improving the professional competence of teachers in every development program the school makes. this is because, considering that professional competence has essential indicators that will have an impact on the results of graduates or the output of quality students that are in line with the ideals of the school's vision and mission, 2) The strategy of the head of madrasah in improving the professional competence of Islamic Religious Education Teachers at S MA Baabussalaam The city of Bandung is well realized, 3) Obstacles in improving the professional competence of Islamic Education teachers carried out by the head of madrasah, can be minimized and overcome properly, as evidenced by the massive development, socialization related to the use of IT / IT-based applications can be followed and implemented properly by teachers and 4 ) The impact that occurs after the treatment carried out by the head of madrasah in increasing the professional competence of Islamic Education teachers, PAI teachers are increasingly professional in carrying out their duties as teachers. The conclusion is that the Principal Leadership Strategy is ultimately able to improve the professional competence of Islamic Religious Education teachers and where teachers are able to carry out their duties in accordance with the law and are increasingly able to master the material to be conveyed to students as well as students are able to implement it in the learning process in the classroom. by the teacher and getting better, the teacher will always be a good role model for students, and including personal or personal competence, social, pedagogic and professional also increases
Keywords: Leadership, teacher competence, teacher professionalism, teacher exemplary


Keywords


Kepemimpinan, Kompetensi guru, Profesionalisme guru, Keteladanan guru

Full Text:

PDF

References


, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta:Fokus Media)

Andi Prastewo, “Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam pengembangan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jejeran Bantul,” Skripsi Fakutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2010.

E. Mulyasa Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung : Bumi Aksara

E. Mulyasa, Menjadi Guru Professional, Bandung : PT Remaja Rosda Karya

educational goals: Handbook 1, cognitive domain. Http://www.corosion doctor.org/Training/Bloom.html. didownload pada 7 februari 2017.

Esterberg dalam Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. (Bandung, 2008)

Gary, A. Yukl (1994) Kepemimpinan Dalam Organisasi , Penerjemah : Yusuf Udaya, J Ghalia Indonesia.

Helmawati (2014) Meningkatkan Kinerja kepala sekolah/madrasah melelui manajeman

Helmawati, Sistem Informasi Manajemen PAI, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2015)

Ika Khoiriyah Mukin, “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kupang NTT,” Skripsi Fakutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013.

Hosking D. M (1988) Organizing Leadership and Skillfull Process, Journal of Jacob T.O., & Jacques E. (1990:281)Militery executive leadership. Measures of Leadership. Jakarta : Prenhalindo .

KIK Press John W Creswell 2002 Desain Penelitian Pendekatan Kualitative dan Kuantitative . john Wiley & Sons inc. 1982.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta: Erlangga, 2007)

ST Vembriarto, Pengantar Perencanaan Pendidikan (Educational Planning), (Yogyakarta: Andi Offset, 1988)

Sunhaji, Manajemen Madrasah, (Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2006).




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.145-156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ