PERANAN MANAJEMEN STRATEGI DAN MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Bastari Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen strategis dan operasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP 13 Depok melalui manajemen strategis dan operasional yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SMP 13 Depok. Output, input dalam kata pendidikan adalah bentuk staf pengajar yang berkualitas (Guru), ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, administrasi yang baik, sedangkan outputnya berupa lulusan lembaga pendidikan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan waktu. Untuk mencapai hasil ini, diperlukan suatu proses, dalam makalah ini kami menyebutnya sebagai proses manajemen operasi. Untuk mencapai tujuan, strategi yang matang harus dikembangkan, sehingga opertions di lapangan akan lebih terkoordinasi dengan strategi yang telah dikembangkan sebelumnya. Telah banyak pakar manajemen mengatakan bahwa manajemen strategi dan manajemen operasi adalah dua hal yang harus dikaitkan jika ingin mencapai suatu tujuan, dengan kata lain bila strategi manajemen yang tidak ditentukan dengan baik akan berdampak pada operasi (implementasi) suatu tujuan dalam masa depan, dan sebaliknya.


Keywords


Manajemen Strategis, Operasional Strategis, Kualitas Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Dwiningsih,N, 2001. Strategi Operasi dalam Lingkungan Global,STEKPI,Jakarta

Ishak, 2007. Pengantar Manajemen Operasi (E-Learning), Perpustakaan Universitas Sumatera Utara Medan (http: Libraryusu.ac.id)

Nisjar,K. Dan Winardi, 1997. Manajemen Strategik. Penerbit Mandar Maju. Bandung

Purnomo,H.S dan Zulkieflimansyah,1999. Manajemen Strategi Sebuah Konsep Pengantar, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Sihombing,U. 2000, Pendidikan Luar Sekolah,Manajemen Strategi, Konsep,Kiat dan Pelaksanaan. Penerbit: P.D. Mahkota,Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ