MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MENCETAK GENERASI QUR’ANI

Khoirun Nidhom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Institut Daarul Qur’an Tangerang dalam mengajarkan dan melatih para peserta didik dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an secara utuh di program intensif ini. Selain itu juga untuk mengetahui sistem pembelajaran qiroah dan tahfidz Al-Qur’an dimulai dari perencanaan, proses pembelajaran, metode pembelajaran hingga faktor-faktor penghambat dalam menghafalkan Al-Qur’an di Institut Daarul Qur’an dengan maksud seberapa efektif metode pembinaan tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan menggunakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Dengan memilih metode kualitatif ini, penulis dapat memperoleh data yang akurat. Ditinjau dari sifat penyajian datanya, metode deskriptif merupakan penelitian yang tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau prediksi.

Dari hasil penelitian ini penulis dapat simpulkan bahwa sistem pembelajaran Qiro’ah dan Tahfidz Al-Qur’an program intensif di Institut Daarul Qur’an Tangerang sudah efektif dimulai dari proses pembagian kelompok yang sangat ketat dalam memulai menghafalkan Al-Qur’an, memberikan pengajar-pengajar yang hafidz dan selalu memberikan motivasi, memberikan banyak pilihan metode menghafal Al-Qur’an, evaluasi harian tahfidz hingga mendapatkan sanad bacaan Al-Qur’an.

 


Keywords


program intensif, Sistem pembelajaran, qiro’ah dan tahfidz Al-Qur’an

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.83-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ