PENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN DENGAN MUTU LAYANAN DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH (PTM) (Studi kasus di Provinsi DKI, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memperoleh gambaran mengenai peningkatan manajemen mutu pelayanan akademik dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan perguruan tinggi muhammadiyah(PTM) yang ada di provinsi DKI, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode tersebut digunakan untuk menggali data dan informasi yang berkaitan dengan penerapan pelayanan akademik dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan serta untuk menjawab permasalahan secara teoritis maka digunakan studi literatur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelayanan akademik yang dijalankan oleh seluruh komponen perguruan tinggi muhammadiyah (PTM), termasuk dosen, karyawan dan staff akademik memperlihatkan adanya perubahan menuju kearah perbaikan yang lebih baik, dari segi manajemen sumber daya manusia, maupun sarana pendukung yang menunjang terlaksananya peningkatan mutu pelayanan akademi. Tentu agar dapat merubah sikap dan perilaku dosen atau karyawan, yang masih indisipliner maupun kurang produktif, inovatif dan memiliki kinerja yang rendah sehingga perlu penanganan khusus. Perguruan tinggi muhammadiyah perlu mengendalikan mutu kegiatan yang diselenggarakan pada tahapan dalam proses manajemennya yang mencakup input, proses, output dan kepuasan stakeholders. Peningkatan mutu pelayanan dapat dilaksanakan dengan penerapan IT/ICT dalam proses manajemen mutu layanan, menyempurnakan dan memantapkan kurikulum, memperbaharui dan menyempurnakan fasilitas pembelajaran, meningkatkan kualifikasi mutu dan jumlah SDM yang disesuaikan dengan kebutuhan di perguruan tinggi muhammadiyah.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.67-82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License