DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP MANAJEMEN “ACADEMIC CAPITALISM” PERGURUAN TINGGI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak pandemi covid–19 terhadap manajemen dalam konteks academic capitalism di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur atau studi kepustakaan dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pandemi covid 19 berdampak pada ketahanannya untuk survive di mana telah terjadi perubahan tatanan pembelajaran pada perguruan tinggi yang saat ini berbasis teknologi komunikasi dan informasi. Di samping itu untuk menunjang ketahanannya, manajemen perguruan tinggi dituntut untuk mampu memaksimalkan kemitraan strategis dengan pemerintah dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Penelitian ini memberikan gambaran dari analisis kesiapan perguruan tinggi di era pandemi covid–19 serta berbagai upaya yang dilakukannya dalam menjalin kemitraan strategis dengan stakeholder terkait. Dengan demikian hal ini dapat menjadi pembelajaran bagi perguruan tinggi untuk melakukan repositioning agar tetap survive dan mampu menjadi agent of change di masyarakat serta menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
ABSTRACT
This research was conducted to analyze the impact of the Covid-19 pandemic on management in the context of academic capitalism in university. This research was conducted using a qualitative approach with the method of literature review or literature study from various relevant sources. The results of this study indicate that the existence of the Covid 19 pandemic has an impact on his resilience to survive where there has been a change in the learning structure of universities which are currently based on communication and information technology. In addition, to support its resilience, higher education management is required to be able to maximize strategic partnerships with the government and industry. This study provides an overview of the analysis of higher education readiness in the era of the Covid-19 pandemic and the various efforts it has made in establishing strategic partnerships with related stakeholders. Thus, this can be a lesson for higher education to carry out repositioning in order to survive and be able to become agents of change in society and produce graduates who are relevant to the needs of society.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Altbach, J. J. (2006). International Handbook of Higher Education. Netherland: Published by Spinger.
Anderson, K. B., & Jameson, F. (2018). The Cultural Logic of Late Capitalism. In Karl Marx. https://doi.org/10.4324/9781315251196-25
Bancin, A. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan.
Cantwell, B. (2015). Laboratory management, academic production, and the building blocks of academic capitalism. Higher Education. https://doi.org/10.1007/s10734-014-9851-9
Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma.
Gonzales, L. D., Martinez, E., & Ordu, C. (2014). Exploring faculty experiences in a striving university through the lens of academic capitalism. Studies in Higher Education. https://doi.org/10.1080/03075079.2013.777401
Hauge, T. (2016). Academic capitalism in the age of globalization. Higher Education Research & Development. https://doi.org/10.1080/07294360.2016.1187380
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261
Jarvis, P. (2001). Universities and Corporate Universities. london: Kogan Page Limitted 120 Pentoville Road.
Jessop, B. (2018). On academic capitalism. Critical Policy Studies. https://doi.org/10.1080/19460171.2017.1403342
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia.
Kim, T. (2017). Academic mobility, transnational identity capital, and stratification under conditions of academic capitalism. Higher Education. https://doi.org/10.1007/s10734-017-0118-0
Leslie, S. S. (1997). Academic Capitalism. Baltimore: The John Hopkins University Press.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. In Adalah.
Sinambela, L. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia:Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jurnal Populis.
Siram, R. (2016). MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU LAYANAN AKADEMIK PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. https://doi.org/10.17977/jip.v21i1.6483
Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266
Sutjipto. (2000). Tantangan, Kebijaksanaan, dan Manajemen Pendidikan Tinggi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Syukron, B. (2017). IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU (STUDI TRANSFORMASI PADA PERGURUAN TINGGI). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB). https://doi.org/10.21009/jpeb.005.1.4
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.21-28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License