JALAN PANJANG REGULASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Muhammad Darwinsyah, Riant Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu sejauhmana dan bagaimana perjalanan Regulasi Pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka (kajian literatur) dan observasi online. Di dalam penelitian ini tidak hanya membahas Pendidikan Islam sebagai sebuah mata pelajaran saja, tetapi juga sebagai sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini mendapatkan hasil mulai dari Pesantren atau Padepokan sebagai cikal bakal pendidikan islam pada masa sebelum kemerdekaan dulu hingga Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang mengatur Pendidikan Islam hingga hari ini. Meski pergerakan regulasi Pendidikan Islam di Indonesia sangat dinamis, seiring dengan dinamika sosial dan politik di Indonesia, namun kehadiran Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren merupakan sebuah angin segar bagi kemajuan Pendidikan Islam di Indonesia. Selain memperkuat kedudukan Pendidikan Islam, juga memberi ruang gerak yang sangat positif bagi Pendidikan Islam di tengah masyarakat Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan membawa manfaat untuk Pendidikan Islam di Indonesia.

ABSTRACT

This study aims to find out how far and how the Islamic Education Regulation in Indonesia. This study uses qualitative research methods with data collection techniques using secondary data obtained from literature studies (literature review) and online observation. In this study not only discusses Islamic education as a subject, but also as an educational institution. This research gets results ranging from Islamic boarding schools or Padepokans as the forerunner of Islamic education in the pre-independence era to the laws and government regulations that regulate Islamic education to this day. Although the movement of Islamic Education regulations in Indonesia is very dynamic, along with social and political dynamics in Indonesia, the presence of Law Number 20 of 2003 concerning the National Education System and Law Number 18 of 2019 concerning Islamic Boarding Schools is a breath of fresh air for the advancement of Islamic Education. in Indonesia. Apart from strengthening the position of Islamic Education, it also provides a very positive space for Islamic Education in Indonesian society. It is hoped that the results of this research can be input and bring benefits to Islamic education in Indonesia.


Keywords


Regulasi; Undang-Undang; Pendidikan; Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Azra, A. (2002). Esei esei intelektual muslim pendidikan islam. Jakarta: Logs Ilmu.

Azra, A. (2015). Genealogy of Indonesian Islamic Education: Roles in the Modernization of Muslim Society. Heritage of Nusantara; International Journal of Religious Literature and Heritage.

Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harmonedi, H. (2020). Eksistensi Pendidikan Islam Dalam Bingkai Regulasi Pendidikan di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 309–338. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1331

Harmonedi, H., & Zalnur, M. (2020). Eksistensi Pendidikan Islam Dalam Bingkai Regulasi Pendidikan Di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1331

Idi, A. (2010). Pengembangan kurikulum: teori & praktik. In Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Kementerian Agama, R. (2010). al-Quran dan Tafsirnya. In Jilid 4.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928

Maya, R., Lesmana, I., Program, D., Pendidikan, S., Islam, A., Tarbiyah, J., Tinggi, S., &

Hidayah Bogor, A. (2018). Pemikiran Prof Mujamil Qomar tentang Manajemen

Pendidikan Islam. I(2). https://doi.org/10.30868/im.v1i2.281

Meirison. (2017). Jenis Kepemilikan Dalam Sistem Ekonomi Islam. Kajian Ekonomi Islam.

Nata, A. (2016). Pendidikan Islam Profetik Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Misykat Al-Anwar.

Nizar, S., & Hamka, 1908-1981. (2008). Memperbincangkan dinamika intelektual dan pemikiran Hamka tentang pendidikan Islam : seabad Buya Hamka. In Penerbit Kencana.

UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Zulkifli, Z. (2018). REGULASI PENDIDIKAN ISLAM. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.904




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ