URGENSI PENDIDIKAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19

Rizaludin Kurniawan, Margono Mitrohardjono, Adi Fahrudin

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan dikeluarkannya berbagai kebijakan dari pemerintah. Salah satu kebijakan tersebut adalah kebijakan Belajar Dari Rumah serta Bekerja Dari Rumah. Dalam karya ilmiah ini dipaparkan mengenai urgensi pendidikan keluarga di masa pandemi Covid-19 kaitannya dengan kebijakan Belajar Dari Rumah serta Bekerja Dari Rumah. Karya ilmiah ini menyuguhkan suatu kesimpulan bahwa urgensi pendidikan keluarga di masa pandemi Covid-19 tersebut diwujudkan melalui optimalisasi fungsi orang tua dalam mendidik anak selama proses Belajar Dari Rumah di masa pandemi Covid-19 berlangsung notabene menjadikan orang tua sebagai mentor anak di rumah serta orang tua sebagai pendidik karakter anak.

ABSTRACT

The covid-19 pandemic led to the issuance of various policies from the government. One of these policies is the Study From Home and Work From Home policy. This scientific paper describes the urgency of family education during the Covid-19 pandemic in relation to the policy of Learning from Home and Working from Home. This scientific work presents a conclusion that the urgency of family education during the Covid-19 pandemic was realized through optimizing the function of parents in educating children during the Learning From Home process during the Covid-19 pandemic which makes parents as mentors of children at home and parents as educators of children's character.

Keyword: Education, Family, Pandemic of Covid-19


Keywords


Pendidikan; Keluarga; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


S. S. Unhale, Q. B. Ansar, S. Sanap, S. Thakhre, and S. Wadatkar, “a Review on Corona Virus ( Covid-19 ),” World J. Pharm., vol. 6, no. 4, pp. 109–115, 2020.

M. Siahaan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” J. Kaji. Ilm., 2020, doi: 10.31599/jki.v1i1.265.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syari, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

D. Yunianto, “KETAHANAN KELUARGA SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN DI TENGAH PANDEMI COVID 19,” TA’DIBUNA J. Pendidik. Agama Islam, 2020, doi: 10.30659/jpai.3.1.1-12.

H. Wahy, “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama,” J. Ilm. Didakt., vol. 12, no. 2, pp. 245–258, 2012, doi: 10.22373/jid.v12i2.451.

R. Rochanah, “Peranan Keluarga Sekolah Dan Masyarakat Dalam Menunjang Pembelajaran Yang Efektif,” Elem. Islam. Teach. J., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.21043/elementary.v4i1.1981.

S. Nadeem, “CORONAVIRUS COVID-19: AVAILABLE FREE LITERATURE PROVIDED BY VARIOUS COMPANIES, JOURNALS AND ORGANIZATIONS AROUND THE WORLD,” J. ONGOING Chem. Res., 2020.

A. Valerisha and M. A. Putra, “Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin SocioDigital?,” J. Ilm. Hub. Int., vol. 0, no. 0, pp. 131–137, 2020, doi: 10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137.

W. Oktavia and N. Hayati, “Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019),” Tabasa J. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2020.

K. R. Ayu Kurniawati, F. H. Santosa, and S. Bahri, “Sosialisasi Hidup Sehat di Tengah Wabah Virus Corona,” JPMB J. Pemberdaya. Masy. Berkarakter, vol. 3, no. 1, pp. 58–65, 2020, doi: 10.36765/jpmb.v3i1.225.

A. Ismail and M. K. Khian Jui, “The Role of Mentoring Program in Enhancing Menteesâ€TM Academic Performance,” J. Educ. Learn., 2014, doi: 10.11591/edulearn.v8i1.201.

A. Purnomo et al., “Jurnal panjar,” vol. 1, no. 2, pp. 156–159, 2019.

I. P. Yoga Purandina and I. M. Astra Winaya, “Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19,” Cetta J. Ilmu Pendidik., 2020, doi: 10.37329/cetta.v3i2.454.

Kemendikbud RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. 2012.

Nazir, M. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. 2019.

Rahmah, St. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. Makassar: UIN Alauddin. 2016.

Ruswandi dan Adeyasa. Manajemen Mentoring. Bandung: Syaamil. 2007.

Surahmat, W. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito. 2004.

https://kbbi.kemdikbud.go.id https://nasional.kompas.com/read/2021/01/24/16162701/update-bertambah-

-kasus-covid-19-di-indonesia-mencapai-989262




DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.29-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ