ANALISIS DAMPAK PANDEMIK COVID 19 TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA DUNIA PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh dimasa pandemik ini. Fakulta Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta dituntut untuk merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem daring (E-Class) sebagai dampak pada pandemi covid-19. Dalam pembelajaran jarak jauh ini 96,9% mahasiswa sudah memiliki perangkat dalam pembelajaran online, namun disisi lain mahasiswa merasa belum mampu belajar secara mandiri, dan terdapat ketidakpuasan mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran. Berdasarkan penelitian tersebut maka perguruan tinggi perlu meninjau kembali metode pembelajaran jarak jauh yang ada saat ini, dan juga perlu memperkuat literasi digital baik mahasiswa maupun dosen.
ABSTRACT
The aim this reaserch is to determine student satisfaction in distance learning during this pandemic. The Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Jakarta is required to change the face-to-face learning system into an online system (E-Class) as a result of the Covid-19 pandemic. In this distance learning 96.9% of students already have tools in online learning, but on the other hand students feel they are not able to learn independently, and there is student dissatisfaction in receiving learning material. Based on this research, universities need to review current distance learning methods, and also need to strengthen digital literacy for both students and lecturers.
Keywords: Impact of Covid-19, Distance Learning System, Student Satisfaction
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Kusnayat, M. H. (2020, Volume 1 No.2). PENGARUHTEKNOLOGI PEMBELAJARANKULIAHONLINEDI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL MAHASISWA. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 153-165.
Aziz, A. L. (2013, Vol.6 No.2). Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap kemanfaatan pada sikap pengguna e-learning survei pada mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2011. . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1-7.
UU (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 1 Pasal 1 No. 15.
Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 , 55-61.
Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA, Vol.2, No.1, 14-20.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1, Terjemahan : Benjamin Molan, Jakarta. Jakarta: Prenhallindo.
Matdio.Siahaan. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1-3.
Nylund, H. &. (2020). Interactive learning activities for education of factory level order- to-delivery process. Procedia Manufacturing, , 504-509.
Restrepo, E. G. (2012). The challenge of teaching to create accessible learning objects to higher education lecturers. Procedia Computer Science, 14, 371-381.
Sa’ud dan Syaefudin, U. (2011). Inovasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Warsito. (2007). Peran TIK dalam Penyelenggaraan PJJ. Jurnal Teknodik , 9-41.
Yilmaz, R. (2017). Exploring the role of e-learning readiness on student satisfaction and motivation in flipped classroom. Computers in Human Behavior, 70, 251–260. Computers in Human Behavior, 251-260.
DOI: https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.47-56
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Indexing by:
Copyright of Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam (e-ISSN:2503-5126, p-ISSN:2502-9398).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License