IMPLEMENTASI IOT PADA BIDANG PENDIDIKAN BERBASIS E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM

Dani Ernawati

Abstract


Kemajuan teknologi memang tak dapat dipungkiri hal tersebut tentunya juga membawa pengaruh baik bagi bidang pendidikan. Sebagai seorang guru maupun tenaga pendidik lainya diharapkam mampu memberikan metode pembelaran yang berfariatif untuk mendongkrak motovasi belajar bagi peserta didik. Berbagai platform media berbasis digital telah berkembang pesat sebagai media pembelaran E-learning. Berbagai media E-learning telah banyak disediakan secara gratis maupun berbayar. Adapun salah satu platform yang menyediakan media pembelajaran IoT dengan E-learning adalah google. Google telah menyediakan berbagai fitur dalam bidang pekerjaan manusia contohnya pada bidang pendidikan atau edukasi. Adapun media tersebut disebut dengan google classroom. Ragam multimedia yang disediakan oleh google classroom tersebut dapat menyampaikan berupa pesan teks, grafik, audio, video, animasi secara terintegrasi, televisi interaktif, kelas virtual (pembelajaran yang dimediasi dengan komputer dan internet secara synchronous/real time dengan guru atau pengajar dan pembelajar tidak berada dalam sebuah tempat atau ruangan yang sama.


Full Text:

PDF

References


Dr. Muhammad Rusli dkk. (2020).

Memahami E-learning. Yogyakarta:

Andi.

Alfonzo, P. (2016). Teaching Google

Scholar. American: Rowman &

Littlefield Publishers.

Dewi Salma Prawiradilaga dkk. (2016).

Mozaik Teknologi Pendidikan: ELearning. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Herawati, N. (2022, 10 10). Bussinestech.

Retrieved 06 2023, 16, from

Mengenal Aplikasi E-learning

Sebagai Tren Baru Pendidikan di

Indonesia:

https://www.hashmicro.com/id/blog

/e-learning-menjadi-trend-baruuntuk-pendidikan-indonesia/

Larry Bielawski dkk. (2003). Blended

Elearning Integrating Knowledge,

Perfomance, Support and Onlne

Learning. American: HRD Press.

Muhammad Rusli, dkk . (2020). Memahami

E-learning: Konsep, Teknologi dan Arah Perkembangan. Yogyakarta:

Andi.

Rabiah Adawi. (2022). Pembelajaran

Berbasis E-learning, 7-8.

Rais Tsaqif Yahya Al Hakim dkk. (2021).

Pembelajaran Online di Tengah

Pandemi Covid-19, Tantangan yang

Mendewasakan (Antologi Esai

Mahasiswa Pendidikan Bahasa

Inggris). Yogyakarta: UAD PRESS.

Rinaldi, M. (2021). sebuah Dedikasi Untuk

Negeri Di Masa Pandemi . Bandung:

LP2M UIN SGD Bandung.

Yang, N. (2020). ELearning for Quality

Teaching in Higher Education.

Singapura: Springer Nature

Singapore


Refbacks

Powered by Puskom-UMJ