Komunikasi Data Pada Model Transmisi

Fredriansyah Aipassa

Abstract


Tujuan penelitian ini sebagai cara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan data dan informasi, informasi berarti berita, pikiran, pendapat dalam berbagai bentuk. Tujuan utama dari komunikasi data adalah untuk menukar informasi antara dua perantara. Untuk menukar sebuah informasi sangat diperlukan akses ke elemen data dan kemampuan untuk menstransmisikannya. Sistem transmisi merupakan jalur transmisi tunggal atau jaringan transmisi kompleks yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan suatu peristiwa, fenomena, dinamika sosial, serta persepsi individu atau kelompok terhadap hal tertentu. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dapat memahami subjek penelitian dengan mengenali mereka dan merasakan pengalaman yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini melibatkan peran aktif peneliti untuk memahami konteks, situasi, dan setting fenomena alami yang sedang diteliti. Setiap fenomena dianggap sebagai sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain karena perbedaan konteksnya.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman Fatih & Muhammad Ropianto, 2018. Jenis Dan Media Dalam Komunikasi Data Komunikasi Data. Information Engineering Program, University of Ibnu Sina, Indonesia, pp. 1-31.

Beguni C, Căilean A-M, Avătămăniței S-A, Zadobrischi E, Stoler R, Dimian M, Popa V, Béchadergue B, Chassagne L. In-Vehicle Visible Light Communications Data Transmission System Using Optical Fiber Distributed Light: Implementation and Experimental Evaluation. Sensors. 2022; 22(18):6738. https://doi.org/10.3390/s22186738.

Beny Irawan. "Simulasi Pengontrolan Kesalahan Transmisi Komunikasi Data dengan Menggunakan Metode Automatic Repeat Request (ARQ)". LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasie-ISSN: 2798-9593Vol. 1, No. 1, September 2021, Halaman 7-11.

Dony Arius & Rum Andri K.R, 2008. Komunikasi Data. I ed. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Isnaini Faiz Qathrunada, Al Hamidy. "Analisis Metro Ethernet Alcatel-Lucent 7750 SR-7 Pada Komunikasi Data Melalui Media Transmisi Fiber Optik". Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer) Volume 22. Nomor 2. Agustus 2023. Page 252-259.

Moch Umar Hidayat, Lisa Fitriani Ishak. "ANALISIS QoS JARINGAN UNTUK PENERAPAN A-BIS OVER IP SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS JARINGAN". JURNAL LITEK : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, Vol. 17, No. 1, Maret 2020, pp. 14∼18.

Shella Oktaviani, Nur Aulia, Nisa Nursyabani, Teddi Hariyanto. "Sistem Komunikasi Data Melalui Radio Single Side Band untuk Daerah Bencana". Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 26-27 Agustus 2020.

Suryadi Hs, 1993. Pengantar Komunikasi Data. Jakarta: Penerbit Gunadarma

Weiyu Yang, Jia Wu, Jingwen Luo. "Effective Data Transmission and Control Based on Social Communication in Social Opportunistic Complex Networks". Hindawi Complexity. Volume 2020, Article ID 3721579, 20 pages.

Zhang Xiangxiang, Chang Liu, Luo Jingwen, Wu Jia. "Effective communication data transmission based on community clustering in opportunistic social networks in IoT system". Journal of Intelligent & Fuzzy Systems, vol. 41, no. 1, pp. 2129-2144, 2021..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ