Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

Endang Nur Junita, Laode Anhusadar

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui bentuk parenting yang diterapkan orangtua pada anak usia 5-6 tahun di TK Setia (2) mengetahui gambaran parenting terhadap perkembangan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Setia Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode survey deskriptif dengan analisis deskriptif persentase yang dilaksanakan di TK Setia Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu orangtua dalam hal ini ibu dari anak usia 5-6 tahun di TK setia. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada beberapa bentuk parenting yang diterapkan orangtua pada anak usia 5-6 tahun di antaranya pola asuh otoriter sebanyak 20.00%, pola asuh demokratis sebanyak 56.66% dan pola asuh permisif sebanyak 23.33%. (2) Gambaran parenting terhadap perkembangan perilaku sosial anak sangat beragam, begitupun perkembangan sosial dalam hal ini yaitu bermain dengan teman sebaya, kerjasama, berbagi, menyelesaikan tugas dan mengenal tata krama dan sopan santun. Sesuai dengan hasil lembar observasi sebanyak 56.66% atau 17 anak sudah berkembang sangat baik (BSB) dalam perkembangan perilaku sosial dan dari hasil wawancara, orangtua lebih cenderung menerapkan pola asuh demokratis, sebanyak 36.66% atau 11 anak pada penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) dalam perkembangan perilaku sosial anak orangtua menerapkan pola asuh permisif pada 7 anak dan 4 anak dengan pola asuh otoriter, sebanyak 6.66% atau 2 anak yang masih pada tahap mulai berkembang (MB) dalam perkembangan perilaku sosial anak orangtua menerapkan pola asuh otoriter dan 0% atau tidak ada anak yang belum berkembang (BB) dalam perkembangan perilaku sosial anak.

Keywords


Parenting; Perkembangan Perilaku Sosial; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Annikmah Lisna, L. (2018). Pola Asuh Orangtua dalam Membimbing Perilaku Sosial Anak Kelas B di TK Islam As-salam Tlogo Tuntang Semarang. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Faidah, M. (2018). Pengaruh Keberadaan Orang Tua (Tki/Non Tki) Terhadap Perilaku Prososia Anak Tk Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158.

Islamiyah, I., Awad, F. B., & Anhusadar, L. (2020). Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB): Konseling Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 38-55.

Jamilah, I., Nenden, S., & Ita Rustiati, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Artha Kencana. Infantia : 4(2).

Mahanani, M. (2015). Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Birit Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Machmud, H. (2021). Membingkai Kepribadian Anak dengan Pola Asuh pada Masa Covid 19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 44-55.

Novitasari Patricia, P., Hanafi, S. & Naim, M. (2019). Pola asuh Orangtua Tunggal dalam Menunjang Perkembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini di Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. E-Plus:Jurnal Untirta, 4(2), 190-198.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD.

Sudjana. 2005.Motode Statistika. Bandung: Tarsito

Syamsu Yusuf, L.N. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.2.57-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ