MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL DUA BELAS JADI PATUNG

Nurul Heriyani, Lizza Suzanti

Abstract


Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk  mengenalkan salah satu permainan tradisional yaitu Dua Belas Jadi Patung untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, sosial, kognitif dan melatih konsentrasi anak. selain itu, pokok utama pada penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan Dua Belas Jadi Patung. Metode yang diterapkan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya sangat perlu menggambarkan objek penelitian ala kadarnya. Hal pertama yang peniliti lakukan ialah menjelaskan apa itu permainan Dua Belas Jadi Patung, kemudian meminta anak memainkan permainan tersebut dan diamati, dinilai kemudian didokumentasikan oleh peneliti. Permainan ini sangat efektif dikenalkan pada anak karena memiliki banyak manfaat didalamnya.


Full Text:

PDF

References


Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Jevalitera. Diakses 25 Mei 2022

Agus Mahendra. Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008), 4.24. Diakses 25 Mei 2022

Cresswell, J. 1998. Research Desig: Qualitative & Quantitative Approach. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Diakses 25 Mei 2022

Hidayati, Z. 2010. Anak Saya Tidak Nakal, Kok. Yogyakarta: Penerbit B First. Diakses 26 Mei 2022

Lestariningrum, A. 2013. Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahunn Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 5:1-6. Diakses 26 Mei 2022

Maslihah. 2005. Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, diakses 27 Mei 2022

Mulyadi, M. (2011, Juni). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Diakses 27 Mei 2022

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks. Diakses 27 Mei 2022

Susanto, A. 2011 Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana. Diakses 28 Mei 2022

Stambol A Mappasere, Naila Suyuti. 2019. PENGERTIAN PENDEKATAN KUALITATIF. Diakses 28 Mei 2022




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.41-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ