MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL DUA BELAS JADI PATUNG
Abstract
Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengenalkan salah satu permainan tradisional yaitu Dua Belas Jadi Patung untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, sosial, kognitif dan melatih konsentrasi anak. selain itu, pokok utama pada penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan Dua Belas Jadi Patung. Metode yang diterapkan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya sangat perlu menggambarkan objek penelitian ala kadarnya. Hal pertama yang peniliti lakukan ialah menjelaskan apa itu permainan Dua Belas Jadi Patung, kemudian meminta anak memainkan permainan tersebut dan diamati, dinilai kemudian didokumentasikan oleh peneliti. Permainan ini sangat efektif dikenalkan pada anak karena memiliki banyak manfaat didalamnya.
Full Text:
PDFReferences
Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Jevalitera. Diakses 25 Mei 2022
Agus Mahendra. Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008), 4.24. Diakses 25 Mei 2022
Cresswell, J. 1998. Research Desig: Qualitative & Quantitative Approach. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Diakses 25 Mei 2022
Hidayati, Z. 2010. Anak Saya Tidak Nakal, Kok. Yogyakarta: Penerbit B First. Diakses 26 Mei 2022
Lestariningrum, A. 2013. Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahunn Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 5:1-6. Diakses 26 Mei 2022
Maslihah. 2005. Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, diakses 27 Mei 2022
Mulyadi, M. (2011, Juni). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Diakses 27 Mei 2022
Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks. Diakses 27 Mei 2022
Susanto, A. 2011 Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana. Diakses 28 Mei 2022
Stambol A Mappasere, Naila Suyuti. 2019. PENGERTIAN PENDEKATAN KUALITATIF. Diakses 28 Mei 2022
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.41-46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |