PRESENTASI MENGGUNAKAN METODE MONTESSORI THREE PERIOD LESSON DI TK PUTRA PERTIWI CIPUTAT TIMUR

Nia Monthria Panji Buwani, Nita Priyanti

Abstract


Presentasi merupakan jembatan bagi siswa dalam memahami informasi baru, khususnya bagi anak usia dini di masa periode keemasan. Sayangnya masih banyak guru yang terkendala dengan presentasi. Ada sebuah metode presentasi yang dikembangkan oleh dokter Prancis. Edouard Seguin yang digunakan pada Metode Montessori dan terbukti efektif, bernama Three Period Lesson. Montessori adalah metode pendidikan yang mengutamakan pada kemandirian dan keikutsertaan anak dengan konsep pembelajaran langsung melalui latihan kolaboratif dan permainan, sehingga membantu anak-anak untuk meraih potensi mereka secara maksimal dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tahapan dalam metode tersebut ketika diaplikasikan di TK Putra Pertiwi Ciputat Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa didik TK Putra Pertiwi Ciputat Timur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling melalui metode observasi, wawancara dokumentasi dan triangulasi data. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian ini, dan dilengkapi dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunaan model interaktif Miles dan Huberman, agar tercapai data yang jenuh melalui tingkatan reduksi data yang dilakukan secara terus menerus pada tiap tahapan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep Three Period Lesson pada presentasi di TK Putra Pertiwi Ciputat Timur sudah sesuai dengan kaidah konsep Three Period Lesson oleh Edouard Seguin. Pelaksanaan presentasi menggunakan Three Period Lesson berjalan lancar, dengan guru memperhatikan tiap tahapan dan reaksi siswa didik sebagai respon dan pendali untuk siswa didik maju ke tahap berikutnya.


Keywords


Presentation, Montessori Method, Three Period Lesson

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Misbah, B. Faris J.M, Putra Adita Widara dan Ertinawati, Yuni. 2017. Kemahiran Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Agustin, Mubiar, Ryan Dwi Puspita, Dinar Nurinten, and Heni Nafiqoh. 2020. “Tipikal Kendala Guru PAUD Dalam Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Implikasinya.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):334. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.598.

Cipta, Dyah Ayu Sulistyaning, Era Dewi Kartika, and Anik Kurniawati. 2022. “Montessori Mathematics for Students With Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):30. doi: 10.31000/prima.v6i1.5300.

Efendy, Mamang, and Amanda Pasca Rini. 2021. “HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA.” PSIKOLOGI KONSELING 18(1). doi: 10.24114/konseling.v18i1.27828.

Fadhilah, Alya Nur, Ika Ratih Sulistiani, and Eko Setiawan. 2021. “Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Sandpaper Letters Pada Anak Kelompok A (Studi Kasus Di RA Syihabuddin Malang).” Jurnal Dewantara 3(1):1–15.

Haisnstock, Elizabeth G. 1999. Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak Pra Sekolah. Edisis Rev. Jakarta: Delaprasta.

Jackson, Rebecca L. W. 2011. “The Montessori Method’s Use of Seguin’s Three-Period Lesson and Its Impact on the Book Choices and Word Learning of Students Who Are Deaf or Hard of Hearing.”

Kata, Kosa, Bahasa Inggris, and Bahasa Inggris. 2021. “MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KONSEP THREE PERIOD Vol 14 , No 2 ( 2021 ): ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.” (Susanto 2017):413–16.

Makulua, Korlina. 2021. “Kesulitan Guru Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemic Covid-19.” Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7(1):38–49.

Montessori, Maria. 1967. The Discovery of a Child. New York: NY: Random House.

Montessori, Maria. 1988. The Absorbent Mind. Vol. Clio Monte. Oxford, England : Clio Press

Montessori, Maria. 2015. Metode Montessori. Cetakan II. edited by G. L. Gutex. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyuni, Terra C., and Abdul Kadir. 2002. Presentasi Efektif Dengan Microsoft Power Point. ed. 1. Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ