KONSEP STANDAR DAN RUANG LINGKUP PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Risbon Sianturi, Nur Aini, karina salsabila surya, Gina Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mngumpulkan informasi yang cukup terhadap konsep standar dan ruang lingkup pengelolaan pendidikan. Artikel ini menggunakan metode pendekatan konseptual dan teknik studi pustaka dengan cara menganalisis, membandingkan dan mengambil data dari beberapa artikel dan buku yang sama dengan isi judul yang diambil. Pendekatan konseptual ini dibangun secara teoritis dengan mengkaji secara seksama bersama anggota kelompok terkait permasalahan yang sedang dibahas. Pengelolaan pendidikan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengelolaan pendidikan pada umumnya memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari pada pengelolaan sekolah karena pengelolaan pendidikan merupakan aktifitas luar biasa yang melibatkan banyak sumber daya. Standar pengelolaan pendidikan merupakan salah satu bagian yang terpenting agar dapat berjalan dengan lancar karena pada dasarnya untuk mengelola suatu lembaga pendidikan itu tidak mudah jika dilakukan secara mandiri, akan tetapi jika dilakukan dengan seksama makan akan terasa mudah dan ringan.


Keywords


Konsep; Pengelolaan; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Risbon & Elan. (2022), Pengelolaan Pendidikan. Bandung, Alfabeta.

Afifuddin, MM., & Sukito. (2008). Pengelolaan Pendidikan “Teori dan Praktek”. Prospect

Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan (Issue November).

Handoko, G., Saepudin, A., & Barlian, U. C. (2022). Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam STANDAR PENGELOLAAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG EFEKTIF (Analisis Deskriptif di SMA Negeri 8 Jakarta). Eduvis,Jurnjal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 37–46.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). The management Model of National Character Education for Early Childhood Education through based on Democracy. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 3(1), 15–19. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i1.75

Herson A. (2017). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaan Madrasah Aliyah Swasta. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 15–27.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). Universitas Pendidikan Indonesia, 4–6.

Januardi, Y., & Afriansyah, H. (2019). Konsep Dasar , Proses dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan. Administrasi Pendidikan, 5(1), 1–6.

Kismianti, P. (2017). Standar Pengelolaan Pendidikan TK Berdasarkan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Di RA Al Muna Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Kristiawan, M., & Bengkulu, U. (2017). Manajemen Pendidikan. April.

Mulyadi, N., & Haura, N. (2019). “Pengertian Pendidikan.” Academia, 1–12.

REFIKA, N. (2018). IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMPN 4 4 BATU SANGKAR.

Rusdiana. (2015). Pegelolaan Pendidkan (p. 293).

Sulaeman, D. (2021). Manajemen Satuan PAUD ditinjau dari Standar Pengelolaan dalam Peningkatan Mutu Kelembambagaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 458–462. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1112

Sulfemi Wahyu Bagja, & Arsyad. (2012). PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH YANG EFEKTIF DAN UNGGUL Wahyu. -, 02(09), 1–19.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.2.54-64

Refbacks



Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ