PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI BIMBA AIUEO UNIT ALINDA BEKASI UTARA

Nehru Meha, Hengelina Hengelina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Bimba AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara. Penelitian dilaksanakan di Bimba AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas B di Bimba AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara. Instrumen penelitian melalui kuesioner dengan analisis data menggunakan uji statistik regresi sederhana. Hasil penelitian berhasil membuktikan penggunaan media kartu kata bergambar memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 38,3% terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas B Bimba
AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara. Kemampuan membaca permulaan siswa yang diberi
stimulasi membaca (mean skor = 47,80) lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak
menerima stimulasi membaca (mean skor = 41,67). Berdasarkan hasil ini berarti media kartu kata bergambar dapat menjadi alternatif pengajaran membaca permulaan untuk diterapkan secara praktis di PAUD.

Keywords


Media Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Syaikh. Taisir Al Karimir Rahman fii

Tafsiril Kalamil Mannan. Bandung: Muassasah Ar

Risalah. 2002.

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. Optimalisasi

Media Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia. 2007.

Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip,

Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Crain, William. Teori Perkembangan Konsep dan

Aplikasi. Alih Bahasa Yudi Santoso.

Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2007.

Chaer, A. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta:

Rineka Cipta. 2003.

Dardjowidjojo, Soenjono. Psikolinguistik:

Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta:

Yayasan Obor Indonesia. 2003.

Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang

Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas. 2009.

Depdiknas. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana, dkk. Metode Pengembangan

Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. 2005.

Doman, Glenn dan Janet. How to Teach your Baby

to Read. Jakarta: PT Tigaraksa Satria. 2006.

Ghozali, Imam. Statistik Nonparametrik: Teori dan

Aplikasi dengan Program SPSS. Semarang: Badan

Undip. 2002.

Goodchild, Rachel. Teaching Children The Joy of

Reading. Jakarta: PT Gramedia. 2004.

Grainger, J. Problem Perilaku, Perhatian, dan

Membaca pada Anak: Strategi Intervensi Berbasis

Sekolah. Jakarta: Grasindo. 2003.

Gujarati, Damodar N. Dasar-dasar Ekonometrika.

Jakarta: Erlangga. 2007.

Hariwijaya, M. dan Atik Sustiwi. Pendekatan

Tematik Super Kreatif Bagi Anak Prasekolah.

Yogyakarta: Mitra Buku. 2013.

Hariyanto, Agus. Membuat Anak Anda Cepat Pintar

Membaca. Yogyakarta: DIVA Press. 2009.

Hartati, Sofia. Perkembangan Belajar pada Anak

Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. 2005.

Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian dengan

Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Hurlock, Elizabeth B. Developmental Psychology.

Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentangan Kehidupan. Edisi Kelima.

Alih Bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo Jakarta:

Erlangga. 2002.

Idi, Abdullah dan Toto Suharto. Revitalisasi

Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana. 2006.

Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media

Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press. 2011.

Ismail SM. Paradigma Pendidikan Islam.

Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo

Semarang dan Pustaka Pelajar. 2001.

Jamaris, Martini. Perkembangan dan

Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak:

Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta:

Grasindo. 2006.

Kurnia, Rita. Metodologi Pengembangan Bahasa

Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani. 2009.

Munadi, Yudhi.Media Pembelajaran, sebuah

Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada. 2008.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2005.

Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan

Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Nurhadi. Membaca Cepat dan Efektif. Malang: Sinar

Baru Algensindo. 2005.

Nurhasanah dan Didik Tumianta. Kamus Besar

Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP.

Jakarta: PT Bina Sarana Pustaka. 2007.

Padmonodewo, Soemiarti. Pendidikan Anak

Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Pusat Pengembangan Profesi Pendidikan.

Keterampilan Membaca. Jakarta: BPSDMPK dan

PMP. 2012.

Rahadi, Aristo. Media Pembelajaran. Jakarta:

Depdiknas Dirjen PDMDTK. 2003.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah

Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003.

Santosa, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa

Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.

Santrock, John W. Life Span Development,

Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. Pendidkan

Anak Usia Dini Menyiapakan Anak Usia Tiga,

Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah.

Jakarta:Macanan Jaya Cemerlang. 2008.

Shihab, M. Quraish.Membumikan al-Qur’an: Fungsi

dan Peranan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat.

Bandung: Mizan. 2008

Siskandar. Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta:

Fasilitator. 2009.

Sobur, Alex. Psikologi Umum.Bandung: Pustaka.

Solehuddin, dkk. Pembaharuan Pendidikan

TK.Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media

Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif

dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan

Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. 2009

Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean

Piaget. Yogyakarta: Kanisius. 2003.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini

Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta:

Kharisma Putra Utama. 2011.

Suyanto, Slamet. Konsep Dasar Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan

Tinggi. 2005.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.1.21-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ