PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DI SENTRA BAHAN ALAM

Authors

  • Sri Asih Taman Kanak-kanak Bina Prestasi Kependidikan Bersama (BPKB) Kebon Jeruk Jakarta Barat
  • Ahmad Susanto Univesitas Muhammadiyah Jakart

DOI:

https://doi.org/10.24853/yby.1.1.33-38

Keywords:

Sentra Bahan Alam, Kecerdasan Naturalis, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis melalui model pembelajaran sentra bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Bina Prestasi Kependidikan Bersama Kebon Jeruk Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 Taman Kanak-kanak BPKB Jakarta Barat yang terdiri dari 14 anak. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah observasi partisipan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisis data yang bersifat mengambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran sentra bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat terlihat hasil kemampuan anak pada tahap pra siklus sebesar 55%, pada siklusI sebesar 70%, sedangkan pada siklus II mencapai 83%.

References

Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak,

Jakarta, Erlangga, 1998

Tedjasaputra, Mayke, S., Bermain, Mainan

dan Permainan, Jakarta, Gramedia, 2003

Gardner, Howard, Changing Minds, Jakarta,

PT.Trans Media, 2006

Shapiro, Lawrence E., Mengerjakan

Emotional Intelegance Pada Anak, Jakarta,

PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003

Widayati, Sri & Utami Widijati,

Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan

Majemuk Anak, Yogyakarta, Lina Publisher,

Downloads

Published

2017-10-03