PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
anak. Pembelajaran kontekstual mengutamakan pada pengetahuan dan pengalaman atau dunia nyata, berpikir tingkat tinggi, berpusat pada siswa, siswa aktif, kritis, kreatif, memecahkan masalah,
siswa belajar menyenangkan, mengasyikkan, tidak membosankan, dan menggunakan berbagai sumber belajar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran kontekstual.
Pembelajaran kontekstual memiliki delapan ciri utama, yaitu Membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna, melakukan pekerjaan yang berarti, melakukan pembelajaran yang diatur sendiri, bekerja
sama, berpikir kritis dan kreatif, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar yang tinggi dan menggunakan penilaian autentik.Di masa yang akan datang, diharapkan sistem pembelajaran terutama dalam pendidikan anak usia dini agar lebih difokuskan lagi terhadap kehidupan nyata anak sehingga membantu anak menemukan makna dari pembelajaran.
Perkembangan pembelajaran di dunia global semakin pesat, oleh karena itu guru kelas diwajibkan untuk memiliki kompetensi khusus dalam membuat kegiatan yang kreatif dan inovati agar suasana belajar menjadi menyenangkan, efektif dan efisien dapat terlaksana dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain
Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan
Kontekstual. Jakarta : Kencana.
Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching &
Learning. Bandung : Kaifa.
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru
Profesional. Jakarta: Erlangga.
Dewi, Sri Bintang Ketut. 2014. Penerapan
Pembelajaran Kontekstual Bernuansa Bermain
Berbantuan Media Geometri Untuk Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Anak. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha.
Adhe, Rinakit Kartika. 2011. Penerapan Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual Terhadap Perkembangan
Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Tunas
Harapan Tulungagung. Madiun : IKIP PGRI
Madiun.
Sarilah. 2011. Peningkatan Kemampuan Sains Anak
Usia Dini Melalui Pendekatan Kontekstual. Jakarta :
Universitas Negeri Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.1.39-46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |