PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Dwi Anggraini

Abstract


Pembelajaran kontekstual merupakan suatu metode pembelajaran yang berpusat pada
anak. Pembelajaran kontekstual mengutamakan pada pengetahuan dan pengalaman atau dunia nyata, berpikir tingkat tinggi, berpusat pada siswa, siswa aktif, kritis, kreatif, memecahkan masalah,
siswa belajar menyenangkan, mengasyikkan, tidak membosankan, dan menggunakan berbagai sumber belajar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam  pembelajaran kontekstual.
Pembelajaran kontekstual memiliki delapan ciri utama, yaitu Membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna, melakukan pekerjaan yang berarti, melakukan pembelajaran yang diatur sendiri, bekerja
sama, berpikir kritis dan kreatif, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar yang tinggi dan menggunakan penilaian autentik.Di masa yang akan datang, diharapkan sistem pembelajaran terutama dalam pendidikan anak usia dini agar lebih difokuskan lagi terhadap kehidupan nyata anak sehingga membantu anak menemukan makna dari pembelajaran.
Perkembangan pembelajaran di dunia global semakin pesat, oleh karena itu guru kelas diwajibkan untuk memiliki kompetensi khusus dalam membuat kegiatan yang kreatif dan inovati agar suasana belajar menjadi menyenangkan, efektif dan efisien dapat terlaksana dengan baik.

Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Revolusi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain

Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual. Jakarta : Kencana.

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching &

Learning. Bandung : Kaifa.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru

Profesional. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Sri Bintang Ketut. 2014. Penerapan

Pembelajaran Kontekstual Bernuansa Bermain

Berbantuan Media Geometri Untuk Meningkatkan

Kemampuan Kognitif Anak. Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha.

Adhe, Rinakit Kartika. 2011. Penerapan Pendekatan

Pembelajaran Kontekstual Terhadap Perkembangan

Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Tunas

Harapan Tulungagung. Madiun : IKIP PGRI

Madiun.

Sarilah. 2011. Peningkatan Kemampuan Sains Anak

Usia Dini Melalui Pendekatan Kontekstual. Jakarta :

Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.1.39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ