MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA UJARAN ANAK USIA 4- 5 TAHUN MELALUI METODE QIRAATI (Di RA Raudhatul Muthmainnah, Cikarang Barat, Bekasi)
Abstract
Muthmainnah Cikarang Barat Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di Raudhatul Athfal Raudhatul Muthmainnah Cikarang Barat Bekasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, catatan lapangan dan dokumentasi yang dilakukan dalam setiap siklus. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan
pada kemampuan bahasa ujaran anak usia 4-5 tahun setelah diberikan tindakan sebanyak dua siklus. Peningkatan kemampuan anak terlihat dari data hasil persentase disetiap siklus, hasil persentase di pra siklus sebesar 27%. Persentase pra siklus rendah karena belum diberikannya kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan metode qiraati. Hasil persentase pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 59,75%, hal ini karena sudah menggunakan metode qiraati, namun belum secara maksimal menguasainya. Dan hasil persentase pada siklus II menjadi sebesar 87,75% karena anak sudah terbiasa dengan metode qiraati yaitu
mengucapkan dengan lancar, cepat, tepat dan benar tanpa dieja. Implikasi dari penelitian ini adalah pemilihan metode yang tepat oleh masyarakat dan sekolah dalam pengajaran bahasa ujaran akan sangat memberikan hasil yang optimal dalam kemampuan bahasa ujaran anak usia dini. Sehingga pembelajaran
bahasa ujaran untuk tingkat selanjutkan akan lebih mudah dan tidak ada lagi penggegasan kepada anak usia dini dalam pembelajaran bahasa ujaran, khususnya dalam pengajaran membaca.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Jumanatul‟Ali, Mushaf Al Quran Terjemah, QS.
An Nahl ayat 78, Solo, Syamil, 2009.
Aisyah, Siti, Perkembangan dan Konsep Dasar
Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta, Universitas
Terbuka, 2008.
Arikunto, Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2008.Departemen
Pendidikan Nasional, Pedoman Pembelajaran di
Taman Kanak-Kanak, Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,
Jakarta, 2006.
Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman
Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di
Taman Kanak-Kanak, Buku 2, Jakarta, 2007.
Departemen Agama RI, Mushaf Al-Qur’an
Terjemah, Jakarta, Al-Huda, 2005.
Dimyati, Johni, Metodologi Penelitian Pendidikan &
Aplikasinya, Jakarta, Kencana, 2013.
Dinamika, Jurnal Ilmiah, Media Interaksi dan
Edukasi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Jakarta, Program Studi PG PAUD,
Jakarta, 2011.
Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dengan
Politani Negeri Lampung, Modul Perkembangan
Peserta Didik, Jakarta, Penerbit FT.UNJ, 2012.
Heri Hidayat, Heri, Aktivitas Mengajar Anak TK,
Bandung, CV. Jasa Grafika Indonesia, 2007.
Iskandar, Penelitian Tindakan Kelas, Ciputat, GP
Press Group, 2012.
Jamaris, Martini, Perkembangan dan
Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak,
Jakarta, Program Pendidikan Usia Dini PPS
Universitas Negeri Jakarta, 2003.
Kusnandar, Penetlitian Tindakan Kelas, Jakarta, PT.
Raja Grapindo Persada, 2008.
Keraf, Gorys, Komposisi: Sebuah Pengantar
Kemahiran Bahasa, Semarang, Bina Putra, 2004.
LN, Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan
Anak & Remaja, Bandung, PT.Remaja Rosdakarya,
Mutiah, Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini,
Jakarta, Kencana, 2010.
Nazir, Moh., Metode Penelitian, Ghalia Indonesia,
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI,
“Undang - Undang No. 19 Tahun 2005 pasal 19,”
Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, 2011.
Peraturan Menteri 58 Pendidikan Nasional RI,
“Standar Pendidikan Anak Usia Dini,” Kementerian
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2011.
Papalia, Diane E, dkk., Human Develoment, Jakarta,
Prenada Media Group, 2008.
Prasetyono, Dwi Sunar, Rahasia Mengajarkan
Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini,
Yogyakarta, Think, 2008.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.1.47-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |