PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL PADA ANAK DENGAN MASALAH PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DI KB AL BAITUL AMIEN KABUPATEN JEMBER

Novelia Cahya Putri Wahyudi, Laily Nur Aisiyah, Senny Weyara Dienda Saputri

Abstract


Program pembelajaran individual adalah program pembelajaran yang diberikan berdasarkan kebutuhan setiap siswa, berpusat pada siswa dan bekerja pada siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan program pembelajaran individual pada anak dengan masalah perkembangan sosial emosional di KB Al Baitul Amien Kabupaten Jember tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dokumentasi dan triangulasi data. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2023. Bertempat di kelas Umar Bin Khattab, KB Al Baitul Amien Kabupaten Jember. Subjek dalam penelitian ini yakni seorang anak dengan inisial Ananda E usia 4 tahun. Hasil yang ditemukan penerapan program pembelajaran individual di KB Al Baitul Amien lebih kepada usaha guru untuk membuat anak belajar dalam situasi yang tenang, sehingga anak lebih fokus pada kegiatan atau tugas yang diberikan guru. Dalam penerapan PPI tidak melalui prosedur seperti rujukan, asesmen, identifikasi, analisis layanan, penempatan, pengambilan keputusan instruksional, evaluasi program dan tidak ada program khusus terkait sosial emosional sehingga tidak terdapat perubahan dalam diri anak. Saran bagi sekolah yakni untuk lebih mengoptimalkan program pembelajaran individual pada anak dengan masalah perkembangan sosial emosional, seperti melakukan asesmen khusus terkait sosial emosional, perencanaan-perencanaan dengan indikator bagi anak dengan masalah perkembangan sosial emosional, metode khusus untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak, dan mengadaptasi penilaian agar tidak terjadi kesenjangan dalam kelas.


Keywords


Penerapan Program Individual, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ali Nugraha dan Yeni R. (2021). Metode Pengembangan Sosial Emosional (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arriani, F., dan Fajriyatul Hidayah, d. (2021). Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI). Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Penelitian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi

Dewi Ajeng Tresna, dkk. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 181-190.

Indah Permata Dharma dan Binahayati Rusyidi, Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia, (Prosiding KS: Riset & PKM, Vol. 2 No.2 018), 224.

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 99-122.

Ndari, S. S. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Din. Jawa Barat: Edu Publisher.

Nurhasanah, dkk (2021) Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash- Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, halaman: 93.

Nurjannah. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 50-61. Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ