PERMASALAHAN DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA SEBUAH SEKOLAH PAUD DI SERANG)
Abstract
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini menyebutkan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah kompetensi pedagogik, dimana menyusun perencanaan pembelajaran adalah salah satu aspeknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru ketika menyusun perencanaan pembelajaran dan untuk mengetahui dampak dari permasalahan tersebut terhadap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah dua orang Guru PAUD di salah satu Sekolah di Kabupaten Serang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan juga studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa permaslahan dalam menyusun perencanaan pembelajaran ini adalah penysunan perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru tidak sesuai dengan tahapan perencanaan yang ditetapkan pada kurikulum. Kurikulum 2013 PAUD menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran PAUD terdiri dari Prosem, RPPM dan RPPH, sedangkan Guru hanya menyusun RPPH saja. Dampak dari masalah tersebut adalah sulitnya Guru dalam mengatur anak di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh kurikulum dan perlunya pengawasan dan bimibingan yang kontinyu dalam penyusunan perencanaan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak.
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22
Claire McLachlan, Marilyn Fleer, S. E. (2014). Early childhood curriculum: planning, assessment and implementation. Cambridge University Press.
Majid, A. (2014). Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Mirshad, Z. (2014). Persamaam Model pemikiran al-Ghaza dan Abraham Maslow tentang model motivasi konsums. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Palobo, M., Sianturi, M., Marlissa, I., Purwanty, R., Dadi, O., & Saparuddin, A. (2020). Analysis of Teachers’ Difficulties on Developing Curriculum 2013 Lesson Plans. January. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.278
Primayana, K. H. (2019). Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1, 321–328. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Srihidayanti, Ma’rufah, D. W., & Jannah, K. (2015). Teachers’ Difficulties in Lesson Planning: Designing and Implementing. The 62nd TEFLIN International Conference 2015, 256–265. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10061/1/536_Srihidayanti_TEACHERS DIFFICULTIES IN LESSON PLANNING- DESIGNING AND IMPLEMENTING.pdf
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. CV Budi Utama.
Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Lestari, R. H. (2021). The Role of Teachers in Planning Early Childhood Learning. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 90–93. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.020
Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2020). Pelatihan Keterampilan Guru dalam Membuat Perencanaan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 519–528.
Woolfolk, A. (2004). Educationa Psychology. Prentice Hall.
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 2, No. 2,.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.69-81
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |