PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENTRA SENI

Azzahra Yusra, Cucu Atikah, Tri Sayekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan pengeloaan kelas lalu proses pembelajaran sentra seni anak usia dini kelompok B di TKIT Al-Hikmah Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara guru kelompok dan kepala sekolah TKIT Al-Hikmah Cilegon. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara dan observasi dengan analisis data menggunakan triangulasi 2. Hasil penelitian (1) Penerapan pengelolaan kelas sentra seni  Usia 5 - 6 Tahun sudah dilakukan dengan baik, dalam mengatur hangat dan antusias, memberikan tantangan kepada anak didik, guru melakukan bervariasi dalam pengajaran, menerapkan keluwesan dalam mengajar, serta menekankan pada berbagai hal positif, dan melakukan penanaman disiplin diri (2) Proses pembelajaran sentra seni  Usia 5 - 6 Tahun sudah menerapkan secara sistematis dalam memulai tahap menata lingkungan bermain, lalu kegiatan sebelum memasuki kelas, tahap pembukaan, inti, penutup. (3) faktor penghambat dan faktor pendekung terkait tentang penerapan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran sentra seni  Usia 5 - 6 Tahun yakni berupa faktor guru yang salah satu gurunya belum memahami Prilaku anak didik, kemudian faktor anak didik yang terdapat anak didik yang sering mengganggu temannya ketika belajar, kemudian faktor keluarga terlihat dari didikan orang tua nya yang selalu memanjakan anak sehingga anak kurang mandiri, kemudian terdapat faktor fasilitas yang cukup kurang memadai dari APE serta alat dan bahan media di dalam kelas sentra seni. Sedangkan, faktor pendukungnya  yakni ketersediannya guru dan terdapat kurikulum sesuai pembelajaran dan ketentuan yang ada.


Keywords


Pengelolaan Kelas, Sentra Seni, Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung

Full Text:

PDF

References


Achmad Fadlan, M. P. . (2020). EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES. SMART KIDS JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 2, 10.

Agustinah, M. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SENI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK TARBIYATUL WATHON DUKUHTUNGGAL GLAGAH LAMONGAN. Penerapan Model Pembelajaran Sentra Seni Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Membantu, 1(mei), 1–5. maulidaagustinah@mhs.unesa.ac.id

Al-hasna, B. D. T. K. I. T., & Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167–181. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2224

Anggraini, R. (2020). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS. Pendidikan Aud, 1(mei 2020), 36.

Ariyanti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. DIDAKTIKA JURNAL PENDIDIKAN, 11, 41–62. arianti01@gmail.com SMA

Aulina, C. N. (2012). PENGARUH PERMAINAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Pedagogia, 1, 131–143.

Fitria, E., Rachmi, T., Widiasih, A. P., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Dan, K., Pendidikan, I., Tangerang, U. M., Pijakan, T., & Sebelum, P. (2020). Penerapan Kegiatan Sentra Seni pada Pembelajaran di PAUD. Cria- Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 55. widiasih.angger@gmail.com

Herlin. (2019a). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, 1, 55.

Herlin. (2019b). pembelajaran sentra seni. Digital Repository Universitas Jember, ii, 17–19.

Hermansyah, H. (2019). Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120

Hidayatullah, H., Zulaekah, & Adawiyah, R. (2021). Manajemen Kelas Dengan Model Pembelajaran. Mumtaz Karimun, 1(1), 18–25. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/6

Khairi, H. (2018). e-ISSN: 2550-0058 p- ISSN: 2615-1642. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DARI 0-6 TAHUN, 2(2), 15–28. khairieri8@gmail.com%0AABSTRACT

Muchli, E. A., Samad, S., & Anas, M. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN 119 BELALANG KABUPATEN ENREKANG. Jurnak Eric, S.Pd.M.Pd, 1(4), 9.

Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD (pipih latifah (ed.); april 2012). remaja rosda karya.

OZEN, H., & YILDIRIM, R. (2020). Teacher Perspectives on Classroom Management. International Journal of Contemporary Educational Research, 7(june 2020), 00=113. https://doi.org/10.33200/ijcer.645818

Pangastuti, R., & Solichah, I. (2017). Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Anak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(2), 35–50.

prof.Dr.H.E, mulyasa, M. P. (2012). Manajemen paud (P. Latifah (ed.); 1st, 1 april ed.). PT Rrosyda karya. rosdakarya@rosda.co.id

Rahmah Johar, L. H. (2016). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (DIDIT (ed.); PERTAMA, O). DEEPUBLISHER CV BUDI UTAMA. WWW.PENERBITDEEPUBLISH.COM

Rahmawati, D. (2019). YOGYAKARTA. PG PAUD FKIP UAD Yogyakarta Email:, 1(mei).

Rofiq, A. (2009). pengelolaan kelas. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik, 1, 0–41.

Suharni1), Sri Wahyuni 2), S. 3) U. (2020). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 2, April 2020. Pengelolaan Kelas Pada Model Pembelajaran Kelompok Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Al- Mahira, 3(2), 68–77.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. In NilaCakra Publishing House, Bandung. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 3–4. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4084

Ulfa, Vizza Novian, M, Ali, S. (2014). Kemampuan guru dalam mengelola sentra seni pada anak usi 5-6 tahun di tk mujahidin ii pontianak timur. Kemampuan Guru Dalam Mengelola Sentra Seni Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mujahidin II Pontianak Timur, 1–10. Vizzanovianulfa@yahoo.co.id

Warsono, S. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49–59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Yakin, ahmad al. (2019). Manajemen Kelas di Era Industri 4.0. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 9–12. http://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/328




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.8-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ