IMPLEMENTASI PAUD BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KB AMONG SIWI DUSUN PANDES, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Nur Tanfidiyah

Abstract


Arus globalisasi yang terus berkembang turut mempengaruhi masyarakat Indonesia dari segi pakaian, pola pikir, gaya hidup bahkan menggeser budaya lokal Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan pelestarian budaya lokal melalui lembaga pendidikan terendah yaitu PAUD. Berkaitan dengan hal itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi PAUD berbasis budaya lokal yang berada di KB Among Siwi Dusun Pandes, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti melakukan kategorisasi, penyajian data, dan menyimpulkan data hasil penelitian yang telah
terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, KB Among Siwi menerapkan budaya lokal dalam setiap aktivitas pembelajaran diantaranya berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa, menyanyi lagu bahasa Jawa (tradisional), menyediakan APE berbasis budaya lokal seperti wayang, tanah liat, rumah-rumahan dari kardus, congklak, engklek, dan sebagainya serta beberapa buku yang mengajarkan permainan tradisional berupa cublek-cublek suweng, jamuran, gobak sodor dan sebagainya. Selain itu, pembelajaran dengan mengenalkan alam sekitar, membuat hasil karya dengan barang bekas dan bahan alam, melukis baju sebagai seragam, dan makanan yang disediakan setelah belajar berupa jajan pasar atau desa. KB
Among Siwi telah melestarikan budaya lokal sejak dini dengan cukup baik. Namun, perlu mengembangkan kurikulumnya agar lebih tertara, terarah dan menjadi lebih baik

Keywords


Pendidikan Anak Usiadini, Budaya Lokal, KB Among Siwi

Full Text:

PDF

References


Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Farida, F. (2018). UPAYA MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI.

ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263

Hamartini, Komang Trisna. (2019). Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Bagi Anak Usia Dini Dalam Mengusung Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 STHN Mpu Kuturan Singaraja, 357-366.

Komang Trisna Mahartini. (2019). Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Bagi Anak Usia Dini Dalam Mengusung Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma, 357– 366.

Kurniawati, Eni. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis

Budaya Lokal untuk Menanamkan Karakter Keagamaan. Sendika: Prosiding Nasional.

Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, 17.

Lestari, Rezki Dwi Endah dan Ruqoyyah Fitri. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Outdoor Learning Bermedia Lingkungan Alam Pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 3(5), 1-5.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755

Maryatun, I. B., Pamungkas, J., & Christianti, M. (2017). KEMAMPUAN GURU TAMAN

KANAK-KANAK DI YOGYAKARTA DALAM MENGEMBANGKAN TEMA

PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL. JURNAL PENELITIAN ILMU

PENDIDIKAN, 10(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16791

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP

PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PAUD DAN TK TARUNA ISLAM 39 PEKANBARU. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan

Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842

Taat Wulandari, Agustina Tri Wijayanti, S. (2015). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER

MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. JIPSINDO. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907

Wulandari, R. S., & Hurustyanti, H. (2016). CHARACTER BUILDING ANAK USIA DINI MELALUI OPTIMALISASI FUNGSI PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS

BUDAYA LOKAL. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22.

https://doi.org/10.24235/ileal.v2i1.988

Wulansari, B. Y. (2017). PELESTARIAN SENI BUDAYA DAN PERMAINAN

TRADISIONAL MELALUI TEMA KEARIFAN LOKAL DALAM KURIKULUM

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan

Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp111

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fadillah, M. (2018). Bermain dan Permainan. Jakarta: Prenada Media Group.

Halimah, Leli. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Refika Aditama.

Hamzah, Nur. (2015). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Syamsyiati, Rosida Nur, dkk. (2019). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gerbang Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.29-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ