IMPLEMENTASI PAUD BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KB AMONG SIWI DUSUN PANDES, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA
Abstract
terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, KB Among Siwi menerapkan budaya lokal dalam setiap aktivitas pembelajaran diantaranya berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa, menyanyi lagu bahasa Jawa (tradisional), menyediakan APE berbasis budaya lokal seperti wayang, tanah liat, rumah-rumahan dari kardus, congklak, engklek, dan sebagainya serta beberapa buku yang mengajarkan permainan tradisional berupa cublek-cublek suweng, jamuran, gobak sodor dan sebagainya. Selain itu, pembelajaran dengan mengenalkan alam sekitar, membuat hasil karya dengan barang bekas dan bahan alam, melukis baju sebagai seragam, dan makanan yang disediakan setelah belajar berupa jajan pasar atau desa. KB
Among Siwi telah melestarikan budaya lokal sejak dini dengan cukup baik. Namun, perlu mengembangkan kurikulumnya agar lebih tertara, terarah dan menjadi lebih baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Farida, F. (2018). UPAYA MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI.
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263
Hamartini, Komang Trisna. (2019). Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Bagi Anak Usia Dini Dalam Mengusung Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 STHN Mpu Kuturan Singaraja, 357-366.
Komang Trisna Mahartini. (2019). Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Bagi Anak Usia Dini Dalam Mengusung Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma, 357– 366.
Kurniawati, Eni. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis
Budaya Lokal untuk Menanamkan Karakter Keagamaan. Sendika: Prosiding Nasional.
Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, 17.
Lestari, Rezki Dwi Endah dan Ruqoyyah Fitri. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Outdoor Learning Bermedia Lingkungan Alam Pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 3(5), 1-5.
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755
Maryatun, I. B., Pamungkas, J., & Christianti, M. (2017). KEMAMPUAN GURU TAMAN
KANAK-KANAK DI YOGYAKARTA DALAM MENGEMBANGKAN TEMA
PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL. JURNAL PENELITIAN ILMU
PENDIDIKAN, 10(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16791
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP
PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PAUD DAN TK TARUNA ISLAM 39 PEKANBARU. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan
Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842
Taat Wulandari, Agustina Tri Wijayanti, S. (2015). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER
MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. JIPSINDO. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
Wulandari, R. S., & Hurustyanti, H. (2016). CHARACTER BUILDING ANAK USIA DINI MELALUI OPTIMALISASI FUNGSI PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS
BUDAYA LOKAL. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22.
https://doi.org/10.24235/ileal.v2i1.988
Wulansari, B. Y. (2017). PELESTARIAN SENI BUDAYA DAN PERMAINAN
TRADISIONAL MELALUI TEMA KEARIFAN LOKAL DALAM KURIKULUM
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan
Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp111
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Fadillah, M. (2018). Bermain dan Permainan. Jakarta: Prenada Media Group.
Halimah, Leli. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Refika Aditama.
Hamzah, Nur. (2015). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Syamsyiati, Rosida Nur, dkk. (2019). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gerbang Media.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.29-40
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |