IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI R.A PERWANIDA IV RADE

Desita Sawalia Muslimah, Avanti Vera Pramudyani

Abstract


Penelitian ini membahas terkait Implementasi kegiatan pembiasaan di R.A Perwanida IV Rade untuk menanamkan kedisiplinan anak usia 5-6 Tahun yang bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh guru secara rutin, spontan dan keteladanan  untuk menanamkan kedisiplinan melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk menanamkan kedisiplinan anak umur 5-6 tahun. Kedisiplinan anak dapat dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh guru yang dapat dilaksanakan dengan menerapkan kegiatan pembiasaan secara rutin, spontan dan keteladanan. Berdasarkan data yang didapat melalui empat guru sebagai subjek penelitian didapatkan hasil bahwa guru mengalami kendala karena kurang dapat memberikan contoh kepada anak untuk dapat datang sekolah tepat waktu, guru kurang tegas dalam menjalankan aturan yang ditetapkan, guru memberikan contoh yang tidak tepat sehingga membuat anak kurang dapat mengerti, lalu beberapa guru membiarkan anak bermain sendiri tanpa adanya pengawasan dan pengarahan serta guru masih mengalami kesulitan untuk dapat mengkondisikan anak di R.A Perwanida IV Rade. Penelitian ini  menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru usia 5-6 tahun sebagai partisipan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru mengajar di kelas B usia 5-6 tahun yang terlibat dalam proses penerapan kegiatan pembiasaan untuk menanamkan kedisiplinan anak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Peneliti menggunakan triangulasi tektik untuk mengumpulkan data yang beragam dari sumber yang sama. Kemudian data dianalisis menggunakan model Miles dan Huderman dengan langkah analisis data reduction, data display, dan conclusion drawing di R.A Perwanida IV Rade.


Keywords


Kegiatan Pembiasaan, Kedisiplinan, R.A Perwanida IV Rade

Full Text:

PDF

References


Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini Pedagogia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo., 1.

Aqib, Zainal. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak.Bandung: Yrama Widya

Dr. Masganti Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini . Dalam M. Dr. Masganti Sit, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (hal. 6). Depok: Kencana

Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Panduan UntukPendidik, Mahasiswa & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: BABAr-Ruzz Media

Fadlillah, M. 2014. Desain Pembelajaran PAUD, tinjauan teoritik dan praktik.Jakarta : Ar-Ruzz Media. http://eprints.umpo.ac.id/2026/

Mini, D. R. (2011). Disiplin Pada Anak . Dalam D. R. Mini, Disiplin Pada Anak (hal. 1-32). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Nizar, I. A. (2009). Mmembentuk & Menanamkan Disiplin Anak Sejak Dini . Dalam I. A. Nizar, Membentuk & Menanamkan Disiplin Anak Sejak Dini (hal. 22). Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono, P. D. (2013 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Dalam P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (hal. 1-330). Bandung : ALFABETA. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

Wiyani, N. Andy. 2015. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta : Ar-Ruzz

Media. http://repo.uinsatu.ac.id/22907/




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.41-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ