ANALISIS MANAJEMEN KEUANGAN LEMBAGA PAUD (TK, RA DAN KB)

Arisna Wahyuni

Abstract


Pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini yang efektif akan berpengaruh pada kualitas PAUD tersebut, kualitas pendidikan anak usia dini secara terus menerus dapat meningkat apabila lembaga PAUD tersebut di kelola dengan baik dan maksimal., terutama dalam
pengelolaan anggaran atau keuangan. Penelitian ini bertujuan agar manajemen atau pengelolaan keuangan di lembaga PAUD dapat meningkatkan kefektifiasan dalam menggunakan keuangan di lembaga sekolah, selain itu juga dapat meminimalisir penyalahgunaan keuangan sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), yang mana sumber utama dalam penelitian ini berasal dari buku dan studi literature-literatur terdahulu.. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya biaya di lembaga pendidikan anak usia dini di peroleh dari beberapa sumber yaitu, pemerintah, masyarakat, orang tua peserta didik itu sendiri. Peneglolan keuangan yang di lakukan di lembaga PAUD ada beberapa tahap yaitu; merencenakan anggaran tahunan, pengadaan anggaran, mendistribusian anggaran tersebut, melaksanaan anggaran yang telah direncanakan, membukukan keuangan untuk laporan, mengadakan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan serta dapat mempertanggungjawabkan pelaporan keuangan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Adillah Ghazali. (2016). Manajemen Keuangan Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. Volume 10. Nomor 4. 343-346

Arwildayanto, Nina Lamatenggo, and W. T. S. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Widya Padjadjaran.

Dilla R. F.(2019). Manajemen Keuangan Pendidikan Aanak Usia Dini Perspektif Wealt Management: Studi Kasus di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta. "Manageria:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam". Volume 4, Nomor 2. 353- 371.

El-Khuluqo, I. (2015). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hatta Ermatati dkk, ( 2018). Pelatihan dan Pembenahan Manajemen Keuangan dan Administrasi pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi & Manajemen. Volume 13 Nomor 2. 17-24

Harjito, agus dan martono. (2007). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Komariah, N. (2018). Konsep manajemen keuangan pendidikan. Al-Afkar, VI, 1.

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah :Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana.

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Lembaga PAUD untuk Pengelola

Pemula. Yogyakarta: CV. Istana Agency

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oktariza M., Rochmawati, Yuniar I.(2018) Desain dan Implmentasi Sistem Pengelolaan Administrasi dan Keuangan Sekolah Taman Kanak-kanak. Jurnal Telematika Edisi Industrial Engineering.

Rahmah Nur. (2016) . Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah.

Journal of Islamic Education Management. Volume 1. Nomor 1 .7377

Rohiat. (2008). Manajemen sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Rudiyanto. (2010). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Manajerial, 9(17), 55–62. https://doi.org/10.17509/manajerial.v9i 2.1803

Suprihatin. (2004). Manajemen Sekolah. Semarang: UPT UNNES.

Vincent, B. &. (1966). Child Development, Physical and Psychological Growth Adolescence. W.B Saunders Company, 4, 1–38.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.109-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ