PENERAPAN MODEL KOMUNIKASI BERLO DALAM AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PERMATA HATI AISYIYAH

Alisa Kusuma Az Zahra

Abstract


Seiring berkembangnya zaman bentuk komunikasi menjadi sangat beragam salah satunya dijumpai mengenai model-model komunikasi. Komunikasi itu sendiri merupakan bentuk penyampaian informasi dari satu individu ke individu lain. Dalam penyampaian informasi tentunya diperlukan proses komunikasi yang baik agar informasi yang didapatkan oleh penerima informasi dapat tersampaikan dengan baik. Maka dari itu berbagai bentuk model-model komunikasi harus dapat diketahui serta dikembangkan dalam dunia pendidikan agar proses penyampaian informasi terjadi dengan baik. Banyak model-model komunikasi di lembaga pendidikan anak usia dini yang dapat dilakukan oleh guru kepada anak, anak kepada
guru dan guru kepada orang tua dari anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan model komunikasi yang diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini TK Permata Hati Aisyiyah, agar model komunikasi yang digunakan dapat tepat sasaran sehingga guru dapat merancang suatu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai perantara dalam penyampaian pesan dari guru kepada anak dan anak sebagai penerima informasi dapat menerima informasi dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi dengan cara mengamati suatu peristiwa dalam situasi tertentu. Sehingga hasil yang diperoleh dari hasil pengamatan observasi ditemukan bahwa model komunikasi yang digunakan di TK Permata Hati Aisyiyah adalah menekankan penggunaan model komunikasi Berlo.


Full Text:

PDF

References


Amelia, R. (2011). Pola komunikasi guru dan murid dalam mengenalkan kalimat thayyibah pada PAUD Amanah di Benda Tangerang. Jakarta: UIN.

Malimbe, Armylia, Fonny Waani, dan Evie A.A. Suwu. 2021. “Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado.” Jurnal Ilmiah Society 1 (1): 1–10.

Muhammad, A. 2000. Komunikasi Organisasi (Edisi 1 Cetakan 3). Jakarta: Bumi Aksara.

Natalina, D., & Gandana, G. (2022). Komunikasi dalam PAUD. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi

Nofrion. 2016. Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Oktavia, Fenny. 2016. “Upaya Komunikasi Interpesonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan PT.Bukit Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk.” eJournal Ilmu Komunikasi 2016, 4 (1).

Progo, Kulon, dan Sunu Dwi Antoro. 2010. “Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa *,” 1–7.

Razali, Geofakta, Markus Kristian Retu, Anis Rifai, Zumiarti, Ita Musfirowati Hanika, Ni Ketut Mendri, Atik Badi’ah, et al. 2022. ILMU KOMUNIKASI DAN INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Diedit oleh Arif Munandar. Penerbit Media Sains Indonesia. Penerbit Media Sains Indonesia.

Saud, S., Usman, M., & Saleh, N. (2013). Efektivitas Model Komunikasi Smcr Berlo Dalam Pengajaran Wortschatz. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani. Vol. 14(1), 46-50.

Shoimah, Retno Nuzilatus. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’Arif Nu Sukodadi-Lamongan.” MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3 (1): 1–18. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836.

Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, dan Anwar Mujahidin. n.d. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya Ponorogo

Sulistio, Epri. 2019. “Oprasional dan Organisasi Public Relation Indonesia.” Repository Universitas Mitra Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/gaw8r.

Subadi, Tjipto. 2006. PENELITIAN KUALITATIF. Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta 1–110.

Usman, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman (Wortschatz) Berdasarkan Model Komunikasi SMCR-Berlo Di SMA Negeri Di Kota Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Vol. 2(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.119-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ