IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP POLA BELAJAR DI TK CERIA DEMANGAN

Elisabet Darmayani, Maria Agustina Amelia

Abstract


Kurikulum di Indonesia sering terjadi perubahan, yang sebelumnya diterapkan kurikulum 2013 dan sekarang ini menerapkan kurikulum merdeka belajar. Kurikulum yang memberikan kemerdekaan kepada pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sering terjadinya perubahan kurikulum ini menjadikan tantangan bagi pendidik untuk menerapkannya di kelas. Penerapan kurikulum merdeka belajar yang membutuhkan proses dan penguasaan pendidik terhadap teknologi yang berkembang saat ini, serta melihat kebutuhan yang diperlukan oleh peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap pola belajar di TK Ceria Demangan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisa pembelajaran lesson study dengan tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian kurikulum merdeka memberikan perubahan yang baik terhadap pola belajar di TK Ceria Demangan sehingga pola belajar anak lebih interaktif, pola pikir yang kritis dan kreatif, serta mandiri terhadap kegiatan pembelajaran di kelas.


Full Text:

PDF

References


Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429

Wasis Sri. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 1–22. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078

Adieli, L., Oskah, D., & Magdalena, Z. M. (2022). The Application of Lesson Study in Improving the Quality of English Teaching. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, Volume 4, 2238–2246. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. DIVA Press. Hidayat Abdillah Rahmat. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. LPPPI.

Koesoema, D. A. (2020). Merdeka Belajar. KOMPAS.

Maryatun. (2013). Pengembangan tema pembelajaran untuk taman kanak-kanak.

Priantini, D. A., Suarni, & Adnyana. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan

Mutu, 8. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1386/1005

Rahardjo, Maria Melita dan Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran PAUD(1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Retnaningsih, L., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1223/737

Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar. JPKN, 1(1). https://doi.org/10.38035/jpkn.v1i1

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI:Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2). https://doi.org/10.53627/ jam.v7i2.3996




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.146-156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ