KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK MUSLIMAT NU SUNAN GIRI BALUNG KABUPATEN JEMBER

Laila Al Afifah, Nanik Yuliati, Aisyah Nur Atika

Abstract


Kesiapan guru merupakan suatu komponen penting untuk menunjang pendidikan agar lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan guru di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember dalam menerapkan kurikulum Merdeka Belajar. Sejak Tahun 2022, TK Muslimat NU Sunan Giri Balung mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai tuntutan sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yang menggunakan pengumpulan data kuesioner, wawancara tidak tersrtuktur, dan dokumentasi. Bedasarkan hasil penelitian, guru di TK Muslimat NU
Sunan Giri Balung Kabupaten Jember telah siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terlihat hasil angket yang telah disebar menunjukkan bahwa guru sudah siap untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat membentuk kartakter profil pelajar Pancasila. Akan tetapi terdapat hasil angket yang menunjukkan guru kurang siap dalam mengubah kurikulum, menguasai konsep kurikulum Merdeka, mengubah fokus materi, dan melakukan asesmen diagnostik. Maka dari itu lembaga sekolah perlu mengundang narasumber atau mengikuti pelatihan yang dapat menunjang kesiapan guru untuk menerapkan kurikulum Merdeka Belajar dengan baik. Namun walaupun masih terdapat beberapa guru yang kurang siap, penerapan kurikulum merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung sudah cukup baik dalam pelaksanannya.


Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. 2020. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Perkembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Baro’ah, S. 2020. Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu. Vol. 4. No. 1.

Hikmah, N. 2022. Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Yayasan Bait Qur’any At-Tafkir.

Ihsan, M. 2022. Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran. 1(1):37-46.

Marhaeni, A.A.I.N. Asesmen Autentik dan Pendidikan Bermakna: Implementasi Kurikulim Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 4, No.1.2015.

Mulyasa, H.E. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Retnaningsih, L., dan Khairiyah, U. 2022. Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Progam Studi PGRA. 8(2):143-158.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. 30 Desember 2005. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.157-166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ