KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN DAPAT MENINGKATKAN SINERGITAS KERJA SESAMA GURU

Risbon Sianturi, Delia Nurlina, Siti Nurpadila

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan agar mengetahui peran kepemimpinan yang wajib kita ketahui bagaimana cara menjadi pemimpin yang sebenarnya, mulai dari arti pemimpin, tujuan pemimpin, cara kerja pemimpin, hak-hak pemimpin haruslah kita ketahui baik untuk anggota, calon pemimpin sampai menjadi pemimpin yang sesungguhnya. Supaya kita menjalani kepemimpinan berjalan dengan baik dan juga terarah terutama ketika dibidang pendidikan. Pada hasil penelitian ini yaitu mengenai keterampilan kepemimpinan dapat meningkatkan sinergitas kerja sesama guru. Peneliatan ini yaitu menggunakan metode pendekatan deksriptif kualitatif dan observasi.


Full Text:

PDF

References


Aryawan, I. W. (2019). Strategi kepemimpinan kepala sekolah di era revolusi industri 4.0 berlandaskan pada konsep panca upaya sandhi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 132141.

Haidir, H., Badrussyamsi, B., & Hasanah, D. (2023). Implementasi Keterampilan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Rasyid Sungai Rawa Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Journal on Education, 5(4), 14521-14539.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26-33.

Maulana, M. F. (2021). Sinergitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMA Al Kautsar, Sumbersari, Srono, Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Nurlena, N. (2020). Tugas dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 24 32.

Ramadhani, R. (2021). Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Sinergitas Guru Di MTsn 2 Labura. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.7.2.167-172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ