STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI

Sitti Salma, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi strategi manajemen pembelajaran untuk merangsang kreativitas seni pada anak usia prasekolah, dengan peningkatan kesadaran akan urgensi pengembangan kreativitas pada tahap awal kehidupan anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki kontribusi manajemen pembelajaran dalam membentuk atmosfer belajar yang memfasilitasi imajinasi dan kreativitas. Metode penelitian yang diterapkan adalah analisis literatur dengan menggunakan sumber-sumber ilmiah yang terdapat di basis data Google Scholar, yang mencakup peninjauan terhadap teori-teori yang berkaitan dengan manajemen pembelajaran serta kreativitas seni anak. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa metode seperti pembelajaran berorientasi proyek, pembelajaran interaktif, dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran memberikan efek yang menguntungkan terhadap peningkatan kemampuan berkreasi dalam seni pada anak. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan relevansi pendekatan manajemen pembelajaran dalam mendukung pertumbuhan kreativitas pada masa awal perkembangan anak. Di samping itu, penelitian ini juga memberikan arahan praktis bagi para pengajar dan orang tua untuk memberdayakan pertumbuhan bakat seni pada anak di masa krusial ini, dengan aspirasi untuk menyumbang nilai penting dalam pendidikan prasekolah.

 


Keywords


Strategi Manajemen Pembelajaran, Kreativitas Seni, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912

Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 55–70. https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019

Arisandi, S., & Hidayatulloh, S. (2021). Aplikasi Media Pembelajaran Mewarnai Gambar Binatang Berbasis Android di TKQ At-Taufiq. E-Prosiding Teknik Informatika, 2(2), 181–190. http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/590%0Ahttps://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/download/590/262

Bahera, & Nurlina. (2024). Manajemen Kepala PAUD dalam Mengefektifkan Produktivitas Guru. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 290–297. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2989

Desi Murniati Siregar, Simatupang, E. M., Timbul Amar Hotib Harahap, Yus, A., & Aman Simaremare. (2022). Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema Lingkunganku Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453

Febriana, H. R., & Iswantiningtyas, V. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Prosiding SEMDIKJAR 5, 815–825. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Hadi, A. L. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Bangsa Melalui Kegiatan Kesenian Studi Kasus Implementasi Program Seni Di Sekolah Dasar Negeri 066651 Medan. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(7), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.8765/kpa.v1i7.542

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini : Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7453–7463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5624

Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1759

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40–41. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Kumalasari, K., & Barriyah, I. Q. (2024). Strategi Diferensiasi Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas 1 Melalui Seni Rupa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4524–4536. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12019

Mardatillah, Fitriani, & Oktariana, R. (2022). Analisis Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Tari Kreasi Dengan Metode Ketukan/Hitungan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di PAUD Islam Terpadu Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Mayar, F., Sari, D. N., & Hijriani, A. (2019). Analisa Manfaat Seni Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1359–1364. https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/359

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Nabila, R., & Tri Utami, D. (2023). Manajemen PAUD (Studi Kasus PAUD Sekota Desa Mandiangin Kecamatan Minas Kabupaten Siak). GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 53–62.

Nurlina, & Bahera. (2024). Belajar Melalui Bermain : Seni sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(2), 222–232. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ceria.v7i2

Nurlina, Halima, Selman, H., & Amalia, W. O. S. (2024). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini : Implementasi Nilai-Nilai Agama Islam. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 229–236. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2970

Nurlina, & Hasanah, UswatunNurlina, and U. H. 2018. “Meningkatkan K. M. P. W. M. M. B. K. . J. S. P. 1(1):3. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Warna Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Smart PAUD, 1(1), 3.

Nurlina, Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660

Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecsNubanJagadithaCentre:https://journal.nubaninstitute.org/

Rachmah, L. L., Prawinda, R. A., & Farantika, D. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(3), 470–471. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual

Rahmawati, Nurlina, Lilianti, Usman, Risnajayanti, Salma, & Amaliah. (2022). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802

Risdianty, R., & Pamungkas, J. (2022). Model Penerapan Metode Menggambar untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6478–6501. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3149

Sa’ida, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9400

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 5(2), 1209–1220. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/811

Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.1-5

Utami, T. (2022). Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(02), 114–128. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.214

Yusra, A., Atikah, C., & Sayekti, T. (2023). Penerapan Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Sentra Seni. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 8. https://doi.org/10.24853/yby.7.1.8-28

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.65-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ