PENGEMBANGAN KREATIVITAS FINGER PAINTING UNTUK MERANGSANG KOGNITIF, AFEKTIF, DAN MOTORIK ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif, afektif, dan motorik anak melalui kreativitas seni finger painting. Stimulasi ketiga aspek taksonomi Bloom ini dari aspek kognitif mengenal warna dan mengaplikasikannya, aspek afektif kegiatan ini adalah mengajari anak melatih kesabaran, dan penggunaan ujung jari untuk merangsang perkembangan motoriknya melalui otot-otot jari. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain studi kasus kepada 25 anak usia dini Taman Kanak-kanak Pertiwi Mijen 2 Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menurut Permendikbud tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, kriteria penilaian yang digunakan adalah Belum Berkembang, Mulai Berkembang, Berkembang Sangat Baik, dan Berkembang Sesuai Harapan. Data yang diamati menunjukkan Mulai Berkembang sebelum anak melakukan kegiatan finger painting. Hasil penelitian diperoleh 3 aspek berdasarkan taksonomi Bloom yaitu aspek kognitif, afektif, dan motorik mengalami perkembangan. Dari aspek-aspek perkembangan tersebut, persentase tertinggi pada aspek kognitif adalah 72% (mulai berkembang. Hasil menunjukkan bahwa 18 anak mulai menyebutkan warna. Aspek afektif tertinggi adalah 64% pada awal berkembang. Ini menunjukkan bahwa 16 anak meminta bantuan untuk proses dan teknik finger painting. Mereka mengikuti proses dan langkah-langkah untuk berkembang seperti yang diharapkan. Aspek omotorik tertinggi adalah 60% menggambarkan bahwa ada 15 anak mulai berkembang ketika mereka menggoreskan warna-warna cerah yang belum jelas untuk membentuk objek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, W., & & Mayar, F. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9158–9162. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2435
Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 1–13.
Arif, H. M., Fadila, N., Afliza, N., & & Pasang, S. (2023). Persepsi Generasi Z Tentang Endorsement Produk Fashion Erigo: Studi pada@ ERIGOSTORE di Tiktok. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(1), 17–26.
https://doi.org/https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI/article/view/102
Bahari, J. I. (2021). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak Di Tk Al Islam. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(6), 508–522. https://doi.org/https://doi.org/10.59689/incare.v1i6.209
Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Aproaches (4th Ed). . Sage Publications, Inc.
Evivani, M. (2020). Permainan Finger Painting untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini . Jurnal Warna Pendidikan Anak Usia Dini, 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Gea, J. J. (2023). Keseimbangan Peran Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.7.2.101-108
Hanan, H., Sudadio, S., & & Haila, H. (2023). Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting pada Peserta Didik di PAUD Pelangi Pandeglang . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 173–180.
Handayani, S., Hidayati, N., & & Khotimah, N. (2023). Peningkatan Kreatifitas Seni melalui Pembelajaran Sains Pencampuran Warna dengan Teknik Finger Painting pada Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 4(2), 801–813. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.271
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.
Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak GejalaGangguan Pemusatan Perhatian (ADD). . Jakad Media Publishing.
Khadijah, K., Wildani, W., Pratiwi, R. U., Dasopang, M., & & Handayani, F. (2022). Penerapan Permainan Finger Painting dalam Meningkatkan Motorik Halus AUD di TK An-Nizam Medan . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12106–12112. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4377
Kusuma, T. C., Boeriswati, E., & & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413–420.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi . Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. , 2(9), . Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132
Marlina, L., & & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.564
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. . Bumi Aksara.
Ningsih, E. P. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Gemilang, 1(1).
Nova, D. D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum . Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi . Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158
Nurani, Y., & Hartati, S. (2020). Memacu Kreativitas melalui Bermain. Bumi Aksara.
Pratama, B., & Sari, D. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Seni Rupa: Implementasi di Kelompok Bermain Mawar Indah. TIFLUN: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1), 4–8.
Pratiwi, D., Santoso, S., & Kanzunnudin, M. (2021). Pengembangan Media Giant APE Tema Alat Transportasi Berbasis Saintifik untuk Peningkatan Keterampilan Motorik Anak TK Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 21–33.
Purnamasari, I., Handayani, D., & & Formen, A. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM . Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 506–516.
Purnami, I. A., & Asril, N. M. (2021). Finger Painting dengan Olahan Kanji untuk Meningkatkan Kemampuan Melukis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 431–438. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40591
Purwaningsih, P., Munawar, M., & Hariyanti, D. P. (2022). Analisis Pembelajaran Lingkungan Sosial Berbasis STEAM pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 13–23. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.68
Putra, I. G., & Budayana, I. W. (2023). Pasca Imajiner Dalam Ruang Lingkup Penciptaan Seni. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4, 49–60.
Rofi’ah, D., & Rohman, T. (2023). Pengembangan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Egrang Batok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 240–255.
Safitri, U., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Perkembangan Bahasa dan Perkembangan Emosional Pada Psiko-Sosial Anak . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2590–2595. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1250
Salsabila, S., Syamsuyurnita, S., Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2023). Peran Metode Story Telling dalam Kegiatan Circle Time untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di PAUD Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10627
Sari, T. R., Sulistiyani, S., & Sulastri, S. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Melukis dengan Jari di TK Nikita PTPN V Bukit Selasih. Jurnal Pendidikan Tuntas, 1(4), 557–562. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jpt.v1i4.327
Setianingsih, A., & Handayani, I. N. (2022). Implementasi Media Loose Parts untuk Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 77–86.
Suprayitno, A., & & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.
Syuhada, S., Mawar, M., Saputra, R., & Mudasir, M. (2024). Peran Administrasi Pelaksanaan Kurikulum dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2722–2732.
Utari, D. F., & Sunarti, V. (2021). The Relationship Between Parents’ Understanding in Fine Motor Development and Giving Stimulation Skills to Children. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 512–522. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113850
Wahyuni, R., & Erdiyanti, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40.
Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.23-39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |