Pengaruh Permainan Bingo Atraktif Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Qatrinnada Padang

Reta Handayani

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui seberapa pengaruh Permainan Bingo Atraktif terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Qatrinnada Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Adapun temuan penelitian Pre-test dan Post-test diperoleh rata-rata gain score kelas eksperimen 17,00 dan rata-rata gain score kelas kontrol 15,82. Berdasarkan rata-rata tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka kesimpulannya Ha diterima Ho ditolak. Jadi, hasil penelitian penggunaan permainan bingo atraktif berpengaruh dalam kemampuan berhitung anak usia dini.


Keywords


Kemampuan Berhitung, Permainan Bingo Atraktif, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Delfia, E., & Mayar, F. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350.

Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini melalui video animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99-106. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Istikomah, T. (2020). Pengaruh Permainan Balok Cruissennaire Terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak di Kelompok A TK Nusa Indah Palembang. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133-137. https://doi.org/10.24853/yby.4.2.133-137.

Kurniawan, A. (2023). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam Wafi N.R. & Salsabila S.A. (Eds). Pendidikan Anak Usia Dini (hal,1-11).Meggit, Carolyn. (2013). Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks hal 69

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311.

Novitasari, D.N. (2019). Pengaruh Permainan Bingo Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak usia 5-6 tahun Kelompok B RA Alqur’an Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Usia Dini, 5 (1)

Purwaningsih, S. J., Reswita, & Putri, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Dinda Kids Kota Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1991

Reid, K. (2016). Counting on it: early numeracy development and the preschool child. Changing minds: Discussion in Neuroscience,Psychology and Education,-,hlm1-10.

Silberman, Melvin L. (2012). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia & Nuansa.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Bandung: ALFABETA, CV.Suryana, D,. (2018). Pendidikan anak usia dini stimulasi & aspek perkembangan anak. Jakarta: Kencana.

Utoyo, Setiyo. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publishing

Warsita, Bambang. (2016). Teknologi Pembelajaran ; Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.40-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ